Posisi Kepala Bayi Di Bawah

Posisi bayi mengarah ke bawah atau mengarah ke jalan lahir adalah posisi bayi saat akan mendekati hari persalinan. Bayi biasanya akan mengubah posisinya perlahan ke arah bawah saat kehamilan memasuki usia ke-8 bulan. Setelah itu, seiring mendekati persalinan, kepala bayi akan turun perlahan memasuki panggul dan jalan lahir. 
 

source: http://thestorkmagazine.com/


 


Posisi Sungsang

Tahukah kamu bahwa 5 dari 100 bayi berada dalam posisi sungsang saat dilahirkan. Posisi ini disebut dengan posisi sungsang karena berada pada letak yang terbalik dari letak dan posisi seharusnya. Jika posisi normal bayi saat akan dilahirkan adalah kepala mengarah pada jalan lahir, bayi dengan posisi sungsang malah memiliki posisi kaki dan bokong yang mendekati jalan lahir. Bahayanya, posisi ini sangat berisiko mengakibatkan bayi menjadi catat dan trauma setelah proses persalinan. Itulah sebabnya kebanyakan ibu dengan posisi bayi seperti ini akan disarankan untuk menjalani prosedur operasi sesar.
 

source: http://www.bayareahospital.org/


 

baca juga


Posisi Posterior

Selanjutnya, posisi bayi dalam kandungan yang juga banyak menjadi perhatian adalah posisi menghadap wajah. Biasanya, bayi yang akan mendekati hari kelahiran akan memposisikan tubuh menghadap punggung ibu. Akan tetapi, untuk posisi posterior, bayi menghadap ke arah sebaliknya, yaitu posisi wajahnya menghadap perut ibu. Posisi inilah yang sering mengakibatkan punggung ibu menjadi nyeri selama proses persalinan.
 

source: https://www.mayoclinic.org/


 


Posisi Bayi Melintang

Terakhir, posisi bayi mendekati persalinan yang juga biasa terjadi adalah posisi melintang. Posisi ini berbeda dengan posisi kepala di bawah dan posisi sungsang. Sebab, tubuh bayi melintang secara horizontal di dalam kandungan. Kepala dan kaki bayi berada pada sisi kanan dan kiri perut ibu. Kejadian posisi ini cukup langka, dan lebih langka dibandingkan dengan posisi sungsang. Akan tetapi, bayi dengan posisi ini juga perlu melalui proses operasi sesar untuk dilahirkan.
 

source: https://www.mayoclinic.org/


Itulah beberapa posisi janin dalam kandungan menjelang melahirkan. Semoga lancar sampai hari persalinan ya Moms!