1. Pijat Payudara Terlebuh Dahulu

Cara paling efektif sebelum memerah ASI untuk si kecil yang berada di rumah, adalah dengan memijat payudara Moms terlebih dahulu. Tujuannya yakni untuk membuat ASI keluar secara maksimal dan air susu yang dihasilnya juga banyak. Caranya adalah dengan memijat salah satu payudara, tepatnya di tepi areola. Tempatkan ibu jari di atas permukaan payudara dan jari telunjuk serta jari tengah di bawah sekitar 2,5 -3,8 cm di belakang puting susu. 

source: http://www.parentsrightsusa.com

2. Rileks

Sebagai ibu bekerja tentu saja setiap hari Moms dihadapkan dengan banyaknya pekerjaan yang tidak jarang membuat tubuh lelah dan stres. Hal tersebut tentunya bisa mengganggu kelancaran ASI. Ada baiknya Moms memompa ASI saat tubuh tidak terlalu capek dan rileks agar air susu keluar secara maksimal. Jangan lupa juga untuk selalu sarapan sehat setiap pagi sebelum berangkat ke kantor. 

source: https://milknmamasbaby.com
baca juga

3. Jangan Lupa Untuk Membersihkan Tangan

Sebelum memerah ASI jangan lupa untuk membersihkan tangan terlebih dahulu agar ASI tidak terkontaminasi dengan kuman atau bakteri yang ada di tangan. Ada baiknya bersihkan tangan Moms dengan cara mencuci dengan air biasa, jika perlu gunakan sabun atau bahan kimia khusus agar semua bakteri mati. Setelah itu bilas tangan menggunakan air mengalir atau air hangat untuk membunuh bakteri. 

source: http://simplewishes.com

4. Simpan ASI dengan Benar

Salah satu cara terbaik untuk menyimpan ASIP adalah menggunakan botol dari stainless steel (baja anti karat), namun produk ini tidak banyak dijual. Namun Moms bisa menggunakan botol yang terbuat dari gelas (kaca) atau botol plastik. Justru kebanyakan Moms lebih memilih botol yang terbuat dari plastik karena lebih mudah dibawa ke mana-mana dan tidak mudah pecah. 

source: https://vitasi.net

Nah, itulah beberapa hal yang harus Moms perhatikan saat memerah ASI. Yang penting, pastikan selalu semuanya bersih, ya.