Hal yang Boleh Dilakukan

Pada pagi hari

  • Beri jeda waktu sebelum kamu bangun dari tempat tidur. Misalkan Moms terbiasa bangun jam 5, maka pasang alarm lebih awal agar kamu bisa bersiap lebih lama. Bangunlah perlahan ketika memulai hari.
  • Sediakan makanan ringan seperti biskuit hambar atau roti tawar
Pada siang dan sore hari
  • Makan makanan kecil sepanjang hari untuk menghindari terlalu kenyang atau terlalu lapar.
  • Untuk mencegah perut terlalu penuh atau terlalu kosong, minum cairan 1/2 jam sebelum atau sesudah makan, bukan saat makan.
  • Pastikan untuk minum cairan sepanjang hari untuk menghindari dehidrasi.
  • Sebisa mungkin perbanyak istirahat, terutama di pertengahan hari. 
  • Mintalah orang lain untuk memasak makanan  atau pergunakan jasa catering harian jika sangat sensitif terhadap bau masakan.
  • HIndari tempat-tempat hangat, karena dapat menimbulkan mual.
Pada malam hari.
  • Siapkan makanan yang hambar dan tidak memiliki bau yang kuat.
  • Yang terpenting, tidurlah lebih awal! Kamu perlu istirahat untuk memiliki energi esok hari.
  • Jika Kamu terbangun di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi, cobalah makan sesuatu yang kecil dari tempat tidur di samping tempat tidur Kamu.
 


 

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT3oKbgyahVEzRQjPkFPgitYYHksfBxv-T4cWLCNja5a9Ssj-XgcQ

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Pada pagi hari

  • Hindari bangun terburu-buru dari tempat tidur
  • Hindari perut kosong ketika pagi hari
  • Jangan lewatkan sarapan semual apapun Moms. Makan dengan perlahan dan sedikit demi sedikit
Pada siang dan sore hari
  • Jangan berbaring setelah makan
  • Hindari memasak untuk sementara waktu
  • Hindari aroma tajam dan makanan panas, karena aroma makanan akan lebih tajam saat panas dibandingkan saat hangat atau dingin
  • Hindari makanan pedas
  • Jangan biarkan perut kosong terlalu lama
  • Jangan minum obat atau suplemen apapun tanpa resep dokter
Pada malam hari
  • Hindari makanan pedas
  • Hindari tidur terlalu larut
  • Kenakan pakaian longgar sepanjang hari terutama saat istirahat
source: https://www.myhomehealthtips.com/wp-content/uploads/2017/05/Health_smell.jpg
baca juga

Makanan dan Camilan yang Disarankan

Mual dan muntah tidak berarti kita menghindari makanan sama sekali. Meski sedikit, makanan bergizi dan cairan harus tetap kita konsumsi untuk membuat ibu dan bayi tidak kehilangan banyak nutrisi. Berikut beberapa makanan dan cemilan yang bisa menjadi pilihan saat Moms mual dan muntah:
  • Sup ayam atau sup daging, kaldu dapat mengganti cairan yang hilang saat Kamu muntah. Rasa sup yang segar dan aroma yang tidak terlalu tajam mungkin dapat menjadi makanan yang dipilih
  • Makanan dingin (sandwich, salad ketika disiapkan dengan benar untuk mencegah listeria)
  • Makanan hambar (sup ayam, kaldu, kentang panggang)
  • Sayuran atau buah polos (sayuran rebus)
  • Makanan kaya vitamin B6 dan karbohidrat seperti nasi, gandum, kentang, ubi manis.
Makanan ringan yang disarankan untuk dimakan:
  • Lemon (Makan mereka, mengisap mereka, atau mengendusnya.)
  • Jahe (soda jahe, teh jahe, selai jahe dengan roti panggang, permen jahe)
  • Teh peppermint
  • Kerupuk
  • Jelly atau puding
  • Jus encer atau es krim buah 
  • kue dengan rasa yang hambar atau tidak terlalu manis
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT3oKbgyahVEzRQjPkFPgitYYHksfBxv-T4cWLCNja5a9Ssj-XgcQ