Mengindentifikasi Anak Mengalami Speech Delay

Seorang anak disebut mengalami speech delay apabila pada usia 2 tahun atau lebih belum mampu berkata-kata. Tidak sedikit orang tua yang baru menyadari bahwa buah hatinya mengalami speech delay, ketika usia anak sudah masuk dua tahun. Ini pun diketahui karena membandingkan kemampuan bicara si kecil dengan anak seusianya.

source: https://freepik.com

Berikut tips mendidik anak dan mengatasi anak yang terlambat berbicara, yaitu

  • Bercerita atau mendongeng

Untuk mengatasi speech delay, kamu bisa memulainya dengan rajin mendongeng atau bercerita Moms. Kamu bisa melakukannya ketika si kecil akan tidur siang atau tidur malam. Pilihlah cerita yang disukainya, dan jangan lupa untuk mengajaknya berbicara, sehingga komunikasi terjadi dua arah.

  • Perdengarkan lagu anak-anak

Selain berdongeng, kamu juga bisa mendidik anak dengan rutin perdengarkan lagu anak-anak. Awali harinya dengan mendengarkan lagu anak-anak. Ketika mendengarkan lagu, anak diharapkan dapat meniru kata-kata pada lirik lagu. Selanjutnya, secara perlahan, anak bisa menguasai dan menggunakan kosakata yang didengarnya. Beberapa pilihan lagu anak-anak yang bisa diperdengarkan adalah Balonku, Pelangi, Naik Kereta Api, Topi Saya Bundar, dan sebagainya.

  • Mengajaknya berkomunikasi

Keterlambatan berbicara bisa disebabkan karena kamu kurang aktif mengajaknya berkomunikasi Moms. Meski kamu sibuk, namun bukan alasan untukmu mengabaikan si kecil ya. Meskipun anak belum mampu mengungkapkan perasaannya dengan jelas, orang tua harus tetap melatih anak.

  • Berikan penghargaan

Salah satu hal penting yang harus diketahui orang tua tentang pola asuh anak adalah kebutuhan anak akan penghargaan. Memberikan penghargaan bisa dibilang lebih efektif memotivasi anak untuk mencapai sesuatu ketimbang memberikan sanksi atau hukuman lho Moms.

source: https://freepik.com
baca juga

Cara ini berlaku pada saat anak sedang belajar berbicara. Ketika anak berhasil mengucapkan beberapa kata atau merangkai sebuah kalimat, jangan lupa untuk melontarkan pujian untuknya. Pujian yang tulus dari orang tua akan membuatnya semakin semangat untuk belajar. Sehingga, anakmu tidak lagi mengalami keterlambatan berbicara.

source: https://freepik.com

Itulah beberapa cara mengatasi anak yang mengalami speech delay. Selalu pantau dengan teliti tumbuh kembang anak Moms agar si kecil mengalami pertumbuhan yang sehat.