1. Jadilah Role Model

Anak adalah peniru ulung, jadi apa yang dilakukan oleh orang tua akan ditiru oleh anak-anak. Oleh karena itu, tunjukkanlah kepada anak mengenai penggunaan internet yang sehat melalui kebiasaaan Moms sehari-hari, seperti membatasi waktu online, perhatian tidak selalu pada smartphone, dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan kegiatan yang melibatkan fisik dan gerak dengan anak-anak seperti bermain bersama, jalan-jalan dan sebagainya. 
 
source: http://www.scarymommy.com

 

2. Berikan Pendidikan tentang Internet yang Aman

Untuk anak-anak yang sudah lebih besar, Moms bisa membekali mengenai pendidikan internet yang sehat dan aman. Penggunaan internet sangat lekat dengan bahaya-bahaya seperti sexting, cyberbullying, predator online dan sebagainya. Sebelum menggunakan internet ataupun sosial media, Moms perlu menjabarkan kepada tentang yang hal-hal yang boleh diakses dan tidak diakses anak. Yang paling penting, Moms terus mengawasi situs yang dibuka oleh anak. 

 
source: https://www.digitaltrends.com

 
baca juga

3. Patuhi Aturan Usia Sosial Media

Platform media sosial menjadi semakin populer bagi anak-anak dan remaja untuk mengekspresikan diri. Namun, orang tua harus tegas dan memiliki keputusan tentang kapan dan apakah akun sosial ini harus dibuat sama sekali. Lewat sosial media, penjahat dunia maya dapat dengan mudah menjangkau anak-anak dan membujuk mereka agar menyerahkan informasi pribadi atau memancing mereka untuk bertemu. Di sinilah orangtua berperan penting untuk mengawasi sosial media anak. Bertemanlah dengan anak di sosial media agar lebih mudah mengecek apa saja yang dilakukan dan siapa saja teman-temannya.
 
source: https://singaporemotherhood.com

 

4. Batasi Situs yang Diakses Anak

Banyak sekali situs-situs yang memuat tentang hal-hal yang tak boleh dilihat anak. Agar anak tidak bisa mengakses situs-situs tersebut, maka batasilah situs yang boleh diakses anak. Ada beberapa software yang bisa membantu orangtua untuk membatasi akses situs seperti Norton Family, CyberPatrol dan sebagainya. 
 
source: http://www.senyumbahagia.com

5. Hindari Meletakkan Komputer di Kamar Anak

Kalau Moms ingin tetap mengawasi anak saat mengakses internet, maka hindari meletakkan komputer di kamar dan sebisa mungkin anak bermain gadget di ruang keluarga, bukan sendirian di dalam kamar. Dengan begini, maka Moms lebih mudah memantau aktivitas online anak. Selain itu, bertanyalah kepada anak situs apa yang sedang dilihatnya. Tapi jangan terlalu kentara kalau Moms sedang mengawasinya, ya! 

Semoga tips internet sehat dan aman ini bisa bermanfaat dan membantu, Moms!