1. Flek atau Pendarahan pada Vagina

Keluar flek atau terjadi pendarahan di awal-awal kehamilan merupakan salah satu tanda adanya masalah, salah satunya kemungkinan hamil di luar kandungan. Apabila Moms mengalami pendarahan ini, wajib memeriksakan diri ke dokter kandungan, untuk mendapatkan penanganan yang lebih cepat. 
 
source: https://www.huggies.com.au

 

2. Kenaikan Kadar hCG Melambat

Dokter akan melakukan tes hCG pada awal kehamilan jika Moms menemui keluhan flek atau pendarahan. Kadar hCG yang naiknya lambat dapat menjadi indikator kehamilan ektopik. Selama kehamilan normal, kadar hCG akan berlipat ganda setiap dua hingga tiga hari pada awal kehamilan. Pada kehamilan ektopik, kadar hCG meningkat, namun cenderung naik perlahan tidak seperti kehamilan normal.
 

source: https://pregnant.sg

 
baca juga

3. Nyeri pada Bahu

Salah satu tanda kalau Moms mengalami kehamilan ektopik yaitu nyeri pada bahu. Nyeri bahu disebabkan terjadinya perdarahan internal yang disebabkan pecahnya tuba falopi, sehingga menyebabkan iritasi pada saraf sampai bahu. Nyeri bahu merupakan indikator bahwa tabung sudah pecah. Jadi jika Moms merasakan nyeri bahu, terutama disertai dengan gejala kehamilan ektopik lainnya, maka segeralah mencari pertolongan medis. 
 

source: https://wehavekids.com

 

4. Terasa seperti Sembelit

Kadang rasa sakit dari kehamilan ektopik dapat disalahartikan sebagai konstipasi atau sembelit. Padahal dalam rahim terjadi pendarahan yang memberi tekanan pada area rektum dan terasa seperti sedang sembelit. Kalau Moms mengalami sembelit yang parah selama awal kehamilan, maka segera periksakan diri ke dokter, untuk mengetahui diagnosa tepatnya. 
 
source: http://www.momjunction.com

 
baca juga

5. Tekanan Darah Rendah dan Mual

Kehamilan ektopik juga bisa menyebabkan ibu mengalami tekanan darah rendah akibat terjadinya pendarahan internal. Karena tekanan darah yang turun, Moms dengan mudahnya akan merasa lelah, pusing bahkan sesak napas. Selain itu, mual juga merupakan gejala kehamilan ektopik. Karena morning sickness sering terjadi pada awal kehamilan, gejala ini mungkin sulit dibedakan dari gejala kehamilan normal. 
 
source: https://media.self.com/photos/57d889ec46d0cb351c8c4ca8/4:3/w_728,c_limit/morning-sickness-feat.jpg

Nah, itu dia beberapa gejala kehamilan di luar kandungan. Jika Moms mengalami dua atau tiga dari gejala di atas, maka segera periksakan kehamilan ke dokter kandungan ya!