Baby Shower sudah Ada dari Zaman Dahulu Kala

Baby shower memiliki konotasi modern, namun ternyata perayaan seperti ini sudah dikenal sejak zaman kuno lho, Moms. Jadi, beberapa negara di dunia memiliki tradisi menggelar perayaan kehamilan untuk menyambut kelahiran bayi ke dunia. Ini dia beberapa negara yang memiliki tradisi baby shower:

1. Mesir dan Yunani Kuno

Orang-orang Mesir dan Yunani zaman dulu, memiliki semacam tradisi untuk merayakan kehamilan dan kelahiran dengan mengadakan upacara atau ritual khusus setelah bayi lahir. Ibu dan bayi yang baru lahir dikucilkan untuk sementara waktu dan dianggap tidak murni atau tidak bersih, sehingga ritual ini sangat penting untuk menyambut ibu kembali ke masyarakat, diberikan pengakuan, dan menyambut bayi sebagai anggota keluarga baru. Pada upacara ini, bayi diberi nama dan diperkenalkan kepada masyarakat. Sementara ibu diberikan makanan khusus oleh keluarga dekat dan teman-teman, sebagai ucapan selamat datang ke dunia yang baru. 
 
source: https://queen.com.au

 
2. Abad Pertengahan

Berabad-abad kemudian, ritual-ritual untuk menghormati ibu dan merayakan kelahiran bayi menjadi semakin penting. Selama abad pertengahan, kelahiran bayi dirayakan dengan upacara pembaptisan pada hari kelahirannya. Orang tua baptis memberikan hadiah khusus kepada bayi, salah satunya set sendok perak yang sangat berharga di masa itu. Dulu, seorang bayi bisa memiliki banyak orang tua baptis, yang artinya si bayi juga mendapatkan hadiah yang lebih banyak. Wah...
source: https://depositphotos.com

 
baca juga
3. Era Victoria

Di masa-masa era Victoria, populer sebuah permainan kehamilan. Contohnya jika ditemukan dua sendok teh tidak sengaja diletakkan di atas piring, maka kemungkinan ada wanita dalam lingkungan itu sedang hamil. Namun, di masa-masa ini kehamilan sering dirahasiakan karena perut membuncit dianggap tidak pantas. Selama era ini, tradisi memberikan hadiah kepada calon bayi masih berlangsung, namun pemberiannya dilakukan lebih personal. 

4. Era Modern

Setelah Perang Dunia II, tren baby shower menjadi populer terutama di kalangan Barat. Berbeda dengan zaman dahulu, perayaan baby shower dilakukan selama kehamilan. Perayaannya juga lebih terbuka dan sedikit mewah. Ibu hamil duduk di kursi utama, lalu dihujani berbagai hadiah. Hadiah itu dimaksudkan untuk membantu meringankan beban keuangan keluarga dengan kelahiran bayi. 
 
source: http://thumbmilk.com

 

5. Abad 21

Di abad 21, perayaan baby shower semakin berubah. Kalau dulunya tamu yang hadir hanya para wanita, pada perayaan baby shower abad 21, tamu juga terdiri dari para pria. Tentunya tradisi memberikan hadiah kejutan masih terus berlangsung. Agar pestanya lebih meriah, biasanya disisipkan permainan untuk undangan yang hadir. 

Begitulah asal usul Baby shower, Moms. Meski baby shower telah berevolusi, namun tujuannya tetap sama yaitu mendoakan dan menyambut kelahiran bayi dengan sehat dan selamat.