Kista Ovarium

Ada berbagai macam kista. Salah satu yang sering dialami wanita adalah kista yang tumbuh dalam ovarium atau indung telur yang dikenal sebagai kista ovarium. Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang tumbuh pada permukaan atau di dalam indung telur. Banyak wanita selama hidupnya, terutama masa reproduksi, akan memiliki kista di indung telur.

Sebagian besar kista yang tumbuh merupakan kista jinak yang tidak menimbulkan 
gejala khusus, tidak berbahaya, dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, ada juga kista yang berbahaya dan tumbuh menjadi tumor ganas, meskipun jumlahnya tidak banyak. 
 
source: http://www.momjunction.com

 

Gejala yang Mengarah kepada Adanya Kista

Sebenarnya tidak ada gejala spesifik mengenai tumbuhkan kista dalam ovarium. Sebagian besar gejalanya hampir sama dengan penyakit lain seperti kehamilan ektopik, endometriosis, radang usus buntu dan kanker ovarium. Gejala yang mungkin mengarah kepada kecurigaan adanya kista antara lain: 
  1. Menstruasi tidak teratur
  2. Nyeri panggul
  3. Nyeri panggul sesaat sebelum atau setelah menstruasi
  4. Nyeri panggul saat berhubungan intim
  5. Nyeri saat BAB
  6. Mual, muntah atau nyeri payudara seperti pada saat hamil
  7. Rasa penuh dan berat di perut
  8. Tekanan pada kandung 
kencing dan anus
source: https://eresmama.com

 
baca juga

Pengaruhnya pada Kehamilan

Moms perlu tahu kalau indung telur atau ovarium dan rahim (uterus) merupakan 2 organ yang berbeda. Saat hamil, janin tumbuh di rahim, bukan di indung telur. Oleh karena itu, kista ovarium umumnya jarang menyebabkan gangguan pada kehamilan. 

Namun, apabila selama pemeriksaan ditemukan ukuran kista membesar yaitu lebih dari 4 cm, dan disertai dengan gejala seperti nyeri perut hebat, atau perdarahan abnormal dari vagina, maka biasanya dokter akan mengambil tindakan. Ditakutkan jika kista yang terus membesar, maka berisiko menekan janin di dalam rahim. Bila kistanya besar dan menimbulkan gejala, maka dapat dipertimbangkan operasi untuk mengangkatnya.
 

source: https://www.pinterest.com.au

Itu dia pengaruh kista ovarium pada kehamilan, Moms. Yuk, lebih waspada!