Siapa saja yang disebut generasi Z atau alpha?
Generasi Z atau alpha merupakan keturunan dari generasi Y atau milenial. Lebih tepatnya, generasi Z atau alpha yakni mereka yang lahir mulai tahun 2010 hingga 2025. Sementara orang tua mereka, generasi Y atau milenial adalah para Moms dan Dads yang lahir antara tahun 1981-1999.

source: https://thumbs.dreamstime.com/b/young-hipster-couple-baby-walking-old-town-streets-male-female-72798135.jpg



 


Bagaimana karakter para generasi alpha?
Karakter generasi alpha dapat dikenali sebagai berikut:

  • Menyukai segala sesuatu yang instan, persis karakter orang tuanya, para generasi milenial. Contohnya yakni mendulang popularitas dan keuntungan secara instan dengan menjadi selebgram. Pada generasi alpha bahkan sudah ditemukan selebgram yang usianya belum genap 5 tahun.
  • Generasi alpha akan tetap suka bergaul dan bersosialisasi, namun tidak suka berbagi. Bagi mereka, semua milik mereka hanya boleh menjadi milik mereka, terutama tentang uang.
  • Selalu berubah, seolah labil dan tidak memiliki pendirian. Namun hal ini sebenarnya dikarenakan oleh lihainya mereka melihat situasi dan kondisi yang terjadi saat itu. Mereka begitu mudah dan cepat beradaptasi sehingga terkesan tidak konsisten.
  • Mereka tidak menyukai aturan. Permainan seperti monopoli, ular tangga, bahkan catur tidak masuk dalam daftar kesukaan mereka. Generasi alpha lebih menyukai permainan strategi tanpa aturan mengikat karena mereka suka dengan tantangan dalam menyusun strategi sendiri dengan berbagai kemungkinan.
  • Segala macam gadget yang berteknologi tinggi merupakan kebutuhan mendasar para generasi alpha. Sejak usia batita mereka sudah terbiasa dengan keberadaan serta manfaat gadget dalam aktivitas sehari-hari.
source: https://www.babycenter.com/ims/2014/11/US_baby-hipster-ipad_wide.jpg


Kurang lebih seperti itulah gambaran karakter generasi Z atau generasi alpha. Bagaimana, Moms? Sudahkah Moms siap menghadapinya?