Kenali Kondisi Tubuh Ibu

Saat akan menentukan tempat melahirkan, baik itu dengan bidan ataupun dengan dokter, kamu perlu mengetahui dengan detail kondisi tubuhmu sendiri. Hal ini penting untuk mengetahui di mana sebaiknya kamu akan melangsungkan proses persalinan.
 

source: https://maximummedia.ie/


Apabila kamu merasa kondisi fisikmu baik-baik saja tanpa ada situasi khusus yang mencemaskan, kamu dapat memilih untuk melakukan persalinan di bidan dengan proses normal. Akan tetapi, jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik, seperti misalnya tekanan darah tinggi, riwayat epilepsi, riwayat penyakit jantung, diabetes, dan komplikasi serius pada kehamilan sebelumnya, ada baiknya kamu memilih dokter spesialis untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan. 


Kenali Cara Kerja Bidan dan Dokter

Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan cara kerja antara dokter dan bidan. Hal ini sangat penting karena cara kerja tenaga kesehatan akan mempengaruhi bagaimana kamu nantinya saat melahirkan.
 

source: http://digg.com/

Apabila kamu memilih bidan, perlu kamu ketahui bahwa para bidan akan sangat mengutamakan segala proses kelahiran yang alami tanpa bantuan tindakan medis. Konsultasi yang dilakukan biasanya akan seputar persiapan dan pencegahan. Jadi, bidan akan benar-benar mendorong kamu untuk bisa melahirkan dengan proses normal alami. Selain itu, mayoritas bidan juga pro ASI sehingga jangan takut akan terpisah ruangan dengan bayi setelah dilahirkan. Dengan kata lain, intervensi tindakan medis sangat dihindari dan lebih mengutamakan mekanisme alami.

Berbeda dengan bidan, dokter kandungan akan lebih mungkin melakukan beragam intervensi medis dalam menangani segala kondisi dan situasi persalinan. Tidak jarang mereka lebih sering menyarankan proses kelahiran caesar saat menghadapi satu kondisi tertentu saat persalinan. Meskipun bergitu, tidak jarang pula dokter yang mengutamakan proses alami dan pro ASI. Jadi, tidak ada salahnya untuk menanyakan lebih detail terlebih dahulu mengenai hal ini.
 

baca juga


Pertimbangkan Kenyamanan dan Keselamatan

Saat akan memilih bidan untuk membantu persalinanmu, kamu dapat memilih lokasi persalinan baik itu di rumah bersalin atau di rumah sendiri. Sedangkan saat kamu akan memilih dokter, kamu akan melangsungkan persalinan di rumah sakit. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Balik lagi, semuanya bergantung pada preferensi dan juga kondisi ibu yang akan melahirkan. Jangan sampai keinginan lebih diutamakan daripada kebutuhan sang ibu, karena pada akhirnya yang terpenting adalah keselamatan ibu dan janin. 
 

source: http://kindredmedia.org/


Memilih lokasi bersalin memang tidak mudah. Itulah sebabnya kamu harus lebih banyak mencari tahu sejak awal kehamilan. Konsultasilah pada dokter dan bidan sekaligus. Cari tahu mana yang lebih membuatmu nyaman dan tenang dalam menjalani proses persalinan. Kenali juga kondisi kehamilanmu dengan lebih detail dan rinci. Dengan begitu, kamu akan dengan sendirinya merasakan mana yang lebih baik, entah itu bidan atau dokter yang akan membantu persalinanmu nanti.