Sensory Play

Apa itu sensory play? Pada dasarnya, sensory play berasal dari kata sense dan play. Kata sense dimaksudkan sebagai indera manusia, yaitu indera penglihatan (mata), indera pendengaran (telinga), indera penciuman (hidung), indera perasa (lidah), indera perabaan (kulit), serta beragam kemampuan yang berkaitan dengan indera seperti kemampuan bergerak (proprioseptif: otot dan sendi) dan kemampuan keseimbangan (vestibular: telinga bagian dalam). Sedangkan kata play diartikan bermain sehingga bisa disimpulkan bahwa sensory play merupakan kegiatan bermain yang menggunakan indera.
 

source: https://detstrana.ru/


Yang membuat permainan ini sedikit berbeda dengan permainan lain, kamu dapat memerhatikan beberapa hal terkait tekstur, warna, suara, cahaya, tanpa harus membelikan atau memfasilitasi anak dengan mainan khusus. Cukup dengan segala perlengkapan dan peralatan rumah tangga yang tersedia.
 


Manfaat Sensory Play

Sebelum menyimak beberapa inspirasi ide sensory play yang seru untuk si kecil, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan melakukan permainan balita lewat sensory play:

  • Mengoptimalkan perkembangan otak
  • Meningkatkan dan mempererat bonding antara anak dan orang tua saat bermain bersama.
  • Melatih pengembangan dan penguasaan bahasa dengan berkomunikasi.
  • Memaksimalkan kemampuan motorik kasar halus, kognitif, kreativitas, serta kecerdasan sosial dan emosional.
source: http://www.funathomewithkids.com/


 

baca juga


Perlengkapan Untuk Permainan Sensory Play

Saat kamu akan mencoba bermain sensory play dengan anak, pastikan kamu mengetahui beberapa hal penting berikut ini :

  1. Dampingi anak selama bermain. Berbeda dengan permainan pada umumnya, sensory play perlu pendampingan agar kamu bisa mengetahui sejauh mana si kecil dapat merespon segala impuls yang datang pada indera tertentu. 
  2. Siapkan lokasi yang cukup luas dengan alas tahan air. Beberapa permainan sensory play akan melibatkan air dan sesuatu yang basah. Itulah sebabnya penting bagi kamu untuk menyiapkan lokasi khusus dan alas yang mudah untuk dibersihkan.
  3. Biarkan anak bereksplorasi dengan segala indera yang dimiliki. Jangan pernah takut akan kotor karena memang seperti itulah cara anak belajar.
  4. Pastikan semua bahan-bahan yang digunakan tidak beracun. Gunakan bahan dengan material alami yang memang aman untuk digunakan anak-anak. Dengan begitu kamu tidak perlu khawati si kecil menghirup aroma berbahaya atau menelan benda asing yang beracun.

 
source: https://picklebums.com/


 


Ide Permainan Sensory Play Untuk Balita

Nah, sebagai referensi, kamu bisa mengintip beberapa ide permainan untuk melatih indera anak dalam video berikut ini:
 

youtube:CO8Dh9fqwv8
source: https://www.youtube.com/watch?v=CO8Dh9fqwv8
8 IDE BERMAIN DIRUMAH UNTUK ANAK 2 TAHUN


Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu tahu mengenai sensory play. Jadi bagaimana, apakah Mommy siap untuk mendampingi si kecil bermain dan bereksplorasi dengan inderanya?