1. Avobenzone (Terkandung dalam Tabir Surya)
 
Avobenzone bahan kimia yang menyerap radiasi UV dan juga mudah diserap oleh kulit, berpotensi melepaskan radikal bebas. Namun jika digunakan oleh ibu hamil dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti alergi, gatal-gatal, hingga ruam-ruam merah. Meggunakan makeup ibu hamil memang harus selektif ketika memilih ya Moms. Karena kandungan berbahayanya akan berdampak buruk pada si bayi dalam kandungan. 

source: http://thecut.com

2. Retinoid (Terkandung dalam krim anti jerawat)
 
Retinoic umumnya digunakan sebagai obat kulit untuk mengatasi jerawat serta mengurangi komedo. Bahan ini merupakan zat berbahaya karena bisa menyebabkan janin mengalami kecacatan fisik maupun mental. Sebaiknya Moms yang sedang merencanakan kehamilan, jangan dulu menggunakan produk kecantikan yang berbahan retinoid. Jika sudah terlanjur menggunakannya sebaiknya dihentikan sekarang juga. 

source: https://www.mirror.co.uk
baca juga

 3. Hydroquinone (Terkandung dalam krim pemutih)
 
Nah, buat para bumil yang masih menggunakan krim-krim pemutih wajah, sebaiknya cepat dihentikan dulu ya. Karena kandungan berbahaya ini sama dengan merkuri. Bahan hydroquinone bisa mebahayakan kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil. Untuk menghindari gangguan pada janin ada baiknya ibu hamil tidak menggunakan produk pemutih dalam bentuk apapun.
 

source: https://www.mirror.co.uk

4. Merkuri (Terkandung dalam bedak dan krim pemutih)
 
BPOM banyak menemukan kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri. Bahan berbahaya ini bisa menyebabkan ibu hamil mengalami kerusakan hati dan gagal ginjal. Begitu pula dengan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil. Kosmetik dengan bahan merkuri ini banyak ditemukan di krim pemutih instan dan juga bedak yang tahan lama dan anti luntur. Ada baiknya Moms menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung 100 persen bahan alami, untuk mencegah risiko pada janin. 

source: http://stylecraze.com