Kapankah waktu yang tepat memberikan vaksi Difteri pada anak?

Vaksin DPT diberikan dari mulai balita yang memasuki usia 18-36 bulan, dan diberikan imunisasi lanjutan 1 untuk DPT-HB-Hib dosis keempat. Selanjutnya memasuki usia sekolah dasar, diberi imunisasi lanjutan 2 pada difteri tetanus (DT) (saat kelas 1 SD) sebanyak 1 kali. Nah, untuk vaksin difteri selanjutnya, diberikan saat anak di kelas 2 SD,dan kemudian pada siswa kelas 3 SD.

Selain waktu yang tepat, Moms juga wajib tahu efek samping yang timbul setelah anak disuntik difteri dan bagaimana cara mengatasinya.

 

source: https://tgp.com.ph

1. Efek Samping Vaksin Difteri

Pasca anak disuntik vaksin difteri biasanya akan muncul gejala seperti bengkak, nyeri, kemerahan tepat di lokasi suntikan dan diikuti dengan demam. Kadang-kadang disertai reaksi berat, seperti demam tinggi, iritabilitas (rewel), dan anak akan sering menangis. 

Bagaimana cara mengatasinya:

  • Berikan anak banyak air putih atau jus buah-buahan
  • Gunakan anak pakaian tipis dan nyaman ketika demam
  • Kompres dengan air dingin lokasi bekas suntikan yang sakit
  • Berikan obat penurun panas jika demamnya tidak turun-turun
  • Untuk bayi boleh mandi atau cukup diseka dengan air hangat.
  • Jika gejala memberat dan menetap bawa anak ke dokter.


 

source: http://positivepeople.md
baca juga

2. Cara Efektif Mencegah Difteri

Cara paling efektif mencegah difteri adalah dengan melakukan vaksin diifteri dan menjaga kesehatan seperti tidak bergantian alat minum atau sedotan dengan orang lain. Menurut data membuktikan jika sejauh ini imunisasi dengan pemberian vaksin adalah cara yang paling ampuh mencegah wabah penyakit difteri.

Bahkan, di tahun 2017, hingga bulan November sudah tercatat 593 kasus difteri di Indonesia dengan 32 penderita meninggal dunia. Dari seluruh penderita yang terserang difteri tersebut 66% diantaranya tidak mendapat imunisasi, 31% imunisasi tidak lengkap, dan 3% penderita dengan imunisasi lengkap. 

Data menunjukkan proporsi terbesar penderita difteri di Indonesia tahun 2017 ini adalah mereka yang tidak mendapat imunisasi sama sekali, kemudian disusul oleh mereka yang mendapat imunisasi tapi kurang lengkap. Oleh sebab itu Moms dan juga seluruh anggota keluarga wajib segera melakukan imunisasi vaksin difteri. 

source: https://parenting.thewomanlife.info