1. Usia 3-4 Tahun

Pada usia ini anak sudah mulai lincah bergerak dan sulit untuk duduk diam. Semua otot dan kekuatan untuk menahan beban sudah terbentuk sempurna. Nah, olahraga anak yang tepat untuk anak pada usia ini di antaranya: 

  • Loncat-loncat di rumput atau taman
  • Naik turun tangga tanpa bantuan
  • Bermain bola kecil
  • Melempar bola 
  • Menangkap bola
  • Bergerak maju mundur dengan mudah
  • berlari-lari kecil
source: https://freepik.com

2. Usia 2 tahun

Meski masih sangat kecil, anak usia dua tahun juga tidak ada salahnya untuk dibiasakan berolahraga. Olahraga anak pada usia ini yang paling tepat di antaranya:

  • Berjalan santai di taman
  • Menarik mainan sambil berjalan
  • Mengangkat tangan sambil bernyanyi
  • Jinjit-jinjit
  • Menendang bola
  •  Naik dan turun sofa
  • Jalan dan naik turun tangga
source: https://freepik.com
baca juga

3. Usia 5-7 Tahun

Rentang usia 5-7 tahun anak masih membuatuhkan instruksi atau petunjuk yang singkat, jelas, dan sedikit demi sedikit. Jenis olahraga dengan gerakan sulit membutuhkan akan sulit diserap anak sehingga justru akan membuatnya bingung. Olahraga yang bisa dilakukan antara lain:

  • Lari
  • Bermain bola
  • Olahraga senam/ gimnastik
  • Renang
  • bela diri
  • Meloncat dan berdiri dengan satu kaki selama lima detik
  • Naik turun tangga tanpa bantuan
  • Menendang bola ke depan dengan lurus

 

source: https://freepik.com

4. Usia 10-12 Tahun

Di usia ini kemampuan anak dari segi motorik, berpikir, serta kemampuan mengambil keputusan semuanya sudah mulai terbentuk. Saat usia ini anak sudah bisa mengikuti instruksi dan dapat mengingatnya dengan baik. Bahkan, anak sudah mulai bisa berpikir mengenai strategi-strategi tertentu saat bermain. Nah, dengan kondisi ini, anak akan siap untuk melakukan olahraga yang lebih sulit. Contoh olahraga anak yang tepat di antaranya:

  • Sepak bola
  • Bola basket
  • Bola voli
  • Bulu tangkis
  • Baseball atau softball
source: https://freepik.com