1. Oralit

Diare pada anak memang membuat orang tua panik, namun Moms juga harus tenang dan langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memberikan Oralit hingga gejala diare berhenti. Hal ini karena saat anak mengalami diare, selain banyak cairan yang keluar bersama feses, terdapat juga garam tubuh yang ikut terbuang bersama cairan tersebut, akibatnya tubuh akan mengalami dehidrasi. Seperti diketahui oralit merupakan cairan gula dan elektrolit yang mengandung natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat dan natrium.

source: https://www.babycenter.com

2. Bubuk Kayu Manis

Sejak zaman dahulu kayu manis memang selalu digunakan untuk pengobatan segala macam penyakit. Bubuk kayu manis ini juga dipercaya dapat menyembuhkan diare pada anak dalam waktu singkat. Cara ini dinilai sangat alami dan aman dalam proses penyembuhan si kecil ya, Moms. Cara membuatnya sangat mudah, campurkan bubuk kayu manis ke dalam satu gelas air hangat, kemudian minumkan kepada si kecil. 

source: https://www.winnetnews.com
baca juga

3. Berikan Antibiotik

Pemberian obat antibiotik dapat dilakukan sebagai cara mengatasi diare pada anak, namun antibiotik yang diberikan harus dengan resep dokter ya moms. Karena jika moms asal memberikan antiobiotik dapat menyebabkan diare pada anak. Pemberian antibiotik ini bertujuan untuk membunuh bakteri penyebab diare pada anak atau dalam istilah medis disebut antibiotic associated diarrhea, karena itu sebaiknya konsultasikan ke dokter ya Moms. 

source: https://agoramedia.com

4. Daun Jambu Biji

Sejak zaman nenek moyang daun jambu biji memang sudah terbukti bisa menyembuhkan diare pada anak maupun orang dewasa. Bahkan, saat ini banyak sekali pabrik yang bergerak dibidang obat-obat menggunakan daun ini sebagai bahan utama pembuatan obat diare lh, Moms. Cara membuatnya juga mudah, gunakan beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda, kemudian haluskan dan campur dengan air hangat dan sedikit garam. Selanjutnya minumkan kepada si kecil. 

source: http://daunbuah.com
baca juga

5. Air Putih

Saat diare, cairan dalam tubuh si kecil akan terbuang banyak, yang mengakibatkan ia lemas dan tidak bertenaga. Ada baiknya berikan si kecil asupan air putih yang banyak setiap hari. Selain itu berikan ia juga makanan bergizi seperti sup sayur dan makanan tinggi protein lainnya. 

source: http://www.healthychild.org