1. Masalah Gen 

Kehamilan kosong biasanya sering disebabkan oleh masalah yang berhubungan dengan gen dari sperma atau sel telur berkualitas buruk. Terkadang, hamil kosong muncul karena pembelahan sel abnormal, yang memicu keguguran jika dikenal oleh tubuh. Jika kamu mengalami kehamilan kosong, biasanya dokter akan menunggu hingga terjadinya keguguran alami atau melakukan prosedur kuret.

source: http://gnt.globo.com

2. Kelainan Kromosom

Dalam ilmu sains kromosom merupakan materi pembawa DNA yang terdapat pada inti sel manusia. Fungsi kromosom adalah mewariskan gen dari ayah dan ibu kepada embrio lewat sel telur dan sperma. Nah, apabila kromosom mengalami kelainan maka kehamilan bisa keguguran atau perkembangan embrio akan terhenti alias kehamilan kosong. 

source: http://infobaby.org
baca juga

3. Sel Telur Tidak Bagus

Kamu harus tahu bahwa sel telur pada wanita juga turut berperan dalam membentuk janin yang sehat. Nah, kualitas sel telur yang buruk bisa menjadi penyebab gangguan kehamilan kosong. Sebuah penelitian menyatakan bahwa, kondisi hamil kosong juga bisa dikarenakan kualitas sel telur kurang baik. Umumnya menurunya kualitas sel telur disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat, terlalu sering merokok dan mengonsumsi minuman keras, dan efek paparan radikal bebas.

source: https://hrvatski-poduzetnik.com.hr

4. Faktor Usia

Salah satu penyebab terbesat terjadinya kehamilan kosong yakni umur wanita yang sudah terlalu tua dan hal itu mempengaruhi kualitas sel telur. Menurut penelitian hamil dengan usia diatas 35-40 tahun berisiko terjadinya kehamilan kosong. Nah, wanita yang mengalami kehamilan kosong akan ditandai dengan perkembangan kantung eterus yang berhenti. Embrio yang terdapat di dalamnya tak berkembang dan menjadikan janin gugur.

source: https://newbornbaby.com.au