1. Meningkatkan Memori

Tahukah Moms bahwa mendengarkan Mozart dapat membantu meningkatkan daya ingat anak? Menurut sebuah penelitian, anak yang mendengarkan musik Mozart menunjukkan peningkatan aktivitas gelombang otak yang terhubung langsung ke memori. Tentunya hal ini baik bagi anak, apalagi sedang dalam masa-masa keemasan perkembangan otaknya. 

Agar anak terbiasa dengan musik klasik, Moms bisa mulai memperdengarkannya sejak bayi. Karena telinganya sudah terbiasa dengan musik klasik, maka anak-anak akan bisa jatuh cinta dengan genre musik ini. 
 

source: https://simplymusic.com

 

2. Membantu Anak menjadi Lebih Kreatif

Kalau ingin anak tumbuh menjadi kreatif, maka sering-seringlah memutar musik klasik untuknya. Memang saat mendengarkan musik klasik tidak akan langsung membuat anak kreatif, namun lebih tepatnya membantu melatih pola pikir yang lebih kreatif.

3. Mengurangi Stres
Anak-anak juga bisa stres lho, Moms. Penyebab anak stres yaitu karena terlalu lelah, sulit tidur, tugas sekolah dan sebagainya. Untuk menenangkan pikiran anak, maka setel musik klasik. Ahli mengungkap kalau tempo musik klasik seperti detak jantung manusi, yang mampu meredakan rasa cemas. 

 
source: https://www.earq.com

 
baca juga

4. Membantu Tidur

Salah satu tugas ibu yang cukup sulit adalah membantu anak tidur baik di siang hari dan malam hari. Daripada menguras tenaga hanya demi membantu anak tertidur, lebih baik putarkan musik klasik untuk didengar anak. Mendengar musik klasik akan membantu anak mudah terlelap. Sebuah penelitian juga mengungkap bahwa mendengarkan musik klasik selama kurang lebih 45 menit setiap hari, dapat meningkatkan kualitas tidur. Wah...

5. Bikin Bahagia
Moms pasti senang kalau si kecil berada dalam mood yang baik dan bahagia. Nah, salah satu upaya untuk membuat anak menjadi senang dan suasana hati baik adalah dengan musik klasik. Menyetel musik klasik dipercaya meningkatkan stimulasi dopamine yang mengaktifkan pusat kebahagiaan di otak. 
 
source: https://www.vix.com

 

6. Meningkatkan Produktivitas

Duh, anak malas belajar, malas mengerjakan PR, dan lebih suka bermalas-malasan? Hmm... coba deh terapi perilaku anak itu sembari memperdengarkannya musik klasik. Pada sebagian orang, musik klasik telah membuat mereka lebih produktif dalam bekerja dan beraktivitas. Mungkin saja hal yang sama efektif pada anak. 
 

source: https://healthykidstoday.org