1. Distensi Abdomen

Sebagian besar bayi baru lahir memiliki perut yang tampak menonjol. Namun, kalau mendapati tonjolan perut bayi terasa keras dan bengkak, maka Moms wajib waspada. 9 dari 10 kejadian tonjolan disebabkan karena gas ataupun sembelit. Kondisi menjadi serius dan berbahaya apabila bengkak pada perut disebabkan organ dalam tidak berfungsi. Segera berkonsultasi dengan dokter jika menemukan hal ini pada si kecil ya, Moms! 

2. Cedera Lahir
Persalinan yang sulit bisa menyebabkan cedera lahir pada bayi. Sebagian besar bayi bisa sembuh dari cedera ini. Beberapa cedera yang mungkin terjadi di antaranya patah tulang selangka, otot lemah dan lain-lain.

3. Kulit Kebiruan
Bayi baru lahir memiliki kulit kebiruan yang akan hilang dalam beberapa hari. Namun, kalau kebiruan itu tidak kunjung mereda, maka Moms wajib memeriksakan bayi ke dokter. 
 
source: https://www.babyinfo.com.au

 

4. Batuk

Ada di mana bayi terbatuk saat menyusu akibat ASI tertelan cukup cepat. Namun kalau bayi batuk bahkan muntah, maka segera berkosultasi dengan dokter karena dikhawatirkan ada masalah pada paru-paru dan sistem pernapasannya. Jika batuk terjadi di malam hari dan tidak kunjung sembuh maka itu kemungkinan batuk rejan. 

5. Jaundice
Jaundice atau penyakit kuning sangat umum terjadi pada bayi. Ini disebabkan karena organ hati yang belum sempurna sehingga kadar bilirubin meninggi. Jaundice sebenarnya akan cepat mereda jika ditangani dengan baik. Namun, di sisi lain penyakit kuning ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. 

6. Gangguan Pernapasan
Bayi baru lahir membutuhkan waktu untuk bisa bernapas dengan normal. Namun, jika beberapa jam setelah lahir bayi tidak juga bernapas dengan baik, kemungkinan ada masalah pada sistem pernapasan, seperti penyumbatan hidung. Segera laporkan kepada dokter jika si kecil mengalami masalah pernapasan ini. 
 
source: https://www.liza.si

 
baca juga

7. Muntah

Muntah setelah menyusu atau gumoh memang wajar. Namun, bayi yang terlalu sering muntah merupakan tanda ia mengalami masalah kesehatan. Apalagi jika warna muntahnya hijau, kemungkinan ada gangguan dengan organ dalamnya. Segera berkonsultasi dengan dokter jika bayi kesayanganmu mengalami muntah tidak normal ini ya, Moms! 

8. Kolik
Apakah si kecil menangis tanpa istirahat, dan Moms tidak tahu sebabnya? Nah, Moms perlu curiga jangan-jangan bayi mengalami kolik atau sakit perut. Kolik biasanya terjadi pada bayi yang mengonsumsi susu formula. Untuk mencegah terjadi kolik, maka Moms perlu menyendawakan bayi sehabis minum susu. 
 
source: https://www.unitypoint.org