Melatih Fokus

Sejak kecil, tidak ada salahnya kamu memberikan media yang baik dan bermanfaat untuk melatih fokus anak. Dengan memberikan anak buku sejak dini, ia akan terbiasa untuk melihat dan mengamati apa yang ada di dalam buku. Meskipun ia belum mampu membacanya sendiri, anak perlahan akan menyerap informasi yang ada dengan bantuan orang tua atau bahkan dengan melihatnya sendiri. Untuk bayi, buku-buku yang disediakan adalah buku tanpa banyak tulisan dan hanya didominasi dengan gambar berwarna cerah. Gambar-gambar seperti inilah yang mampu mengasah indera pengelihatan yang nantinya dibaca oleh otak sebagai salah satu proses pembelajaran awalnya.
 

source: http://www.readingrockets.org/


 


Menambah Kosa Kata

Selanjutnya, saat anak sudah belajar berbicara, ia akan lebih mudah menyerap kata-kata dengan lebih cepat. Kamu dapat membiasakan diri membacakan anak cerita sambil memperlihatkan tulisannya pada anak. Meskipun belum mengenal huruf, perlahan ia akan mengenali satu persatu kata yang biasa digunakan pada tiap bacaannya. Kemampuan ini bahkan dimiliki sejak sebelum usia 1 tahun. Itulah sebabnya metode flash card sedang ramai digunakan untuk memperkenalkan kata-kata sejak dini pada anak.
 

source: http://www.bestbabydeals.com/


 

baca juga


Melatih Konsentrasi, Berpikir Kritis dan Kreatif

Dengan membiasakan anak dengan rutinitas membaca, kamu dapat melatih otak anak untuk mampu berkonsentrasi serta berpikir kritis dan kreatif. Saat kamu membacakan anak cerita, ia akan mulai banyak mempertanyakan sebab akibat suatu kejadian, ia bisa saja mencarikan solusi untuk masalah yang dibahas dalam suatu cerita anak. Dengan begitu, ia akan terlatih memahami konsep cerita dengan baik.
 

source: http://www.leapfrog.com/


 


Membiasakan Rutinitas Positif

Dengan membiasakan anak gemar membaca sejak dini, kamu dapat mengalihkannya dari kecanduan gadget yang sekarang menjadi permasalahan para orang tua dalam menghadapi tumbuh kembang si kecil. Anak juga akan lebih mudah berkonsentrasi saat nanti mulai bersekolah, serta lebih cepat dalam menyerap informasi yang diberikan. Kebiasaan membaca memang harus dibiasakan sejak dini.
 

source: https://www.bananivista.com/


Nah, itulah beberapa hal yang dapat langsung dirasakan oleh para orang tua yang membiasakan anak membaca sejak dini. Jadi, cobalah untuk memperkenalkan buku terlebih dahulu dibandingkan dengan menjejali anak dengan gadget.