Sekolah Alam

Sekolah alam merupakan salah satu jenis sekolah yang cukup populer dalam waktu belakangan ini. Metode pendidikan pendidikan holistik dengan penekanan pemanfaatan alam semesta yang digunakan sebagai media belajar. 
 

source: http://www.buahatiku.com/


 


Metode Belajar Sekolah Alam

  1. Sekolah alam pada umumnya tidak memiliki satu ruang khusus untuk guru memberikan ceramah materi pembelajaran. Konsep holistik yang menggunakan alam berarti membiarkan anak-anak untuk menyerap sendiri informasi dan pengetahuan dari apa yang dipraktikan dan ditunjukan oleh para guru.
  2. Anak dilatih untuk membiasakan diri berpikir dengan logika ilmiah. Metode yang digunakan adalah alam dan segala yang ada di dalamnya sebagai media belajar. Guru berperan untuk memfasilitasi siswa dalam berinteraksi dengan alam. Tentunya setiap harinya akan ada satu tema pembelajaran yang diberikan sehingga apa yang diserap anak lebih terarah.
  3. Metode outbound juga digunakan untuk membentuk jiwa kepemimpinan, keteguhan, dan pantang menyerah. Anak tidak hanya duduk di kursi melainkan bergerak aktif dalam setiap medan yang dihadapi.
source: https://beritabojonegoro.com/


 

baca juga


Kelebihan Sekolah Alam

Dengan menggunakan metode seperti itu, ada banyak sekali manfaat yang didapatkan anak dengan bersekolah di sekolah alam, seperti misalnya:

  1. Sekolah ini menggunakan tiga pilar pendidikan yang menjadi dasar pembelajaran, yaitu pilar iman, ilmu dan kepemimpinan. Dengan kata lain, tidak hanya IQ yang diasah, tetapi juga SQ dan EQ anak juga turut menjadi perhatian guru.
  2. Integrasi alam menjadi dasar pendidikan sekolah ini. Dengan kata lain, anak akan mampu berperan aktif dalam setiap materi belajar yang didapat. Tidak hanya sekedar mencatat dalam buku tulisnya.
  3. Bakat dan potensi anak menjadi fokus utama. Dalam sekolah alam, anak-anak akan diperhatikan segala bakat dan potensinya. Apapun minat yang terlihat akan diasah dan difasilitasi.
source: http://loop.co.id/


 


Kekurangan Sekolah Alam

Meskipun memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sekolah biasa, sekolah alam juga memiliki kekurangan yang dapat kamu jadikan pertimbangan, seperti:

  1. Kuota terbatas. Metode yang sedemikian rupa membuat sekolah ini tidak mampu menampung banyak murid. Itulah sebabnya sekolah alam biasanya hanya memiliki murid dengan jumlah terbatas. Proses seleksinya pun cukup ketat untuk beberapa sekolah alam ternama.
  2. Biaya yang cukup mahal. Keterbatasan kuota juga berdampak pada biaya yang cukup besar. 
  3. Tidak cocok untuk anak yang sering hilang fokus karena akan kesulitan mendapatkan materi ajar dari guru karena terdistrak oleh beragam benda di sekitarnya.
source: https://duitpintar.com/


Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan saat akan berniat memasukkan anak ke sekolah alam. Hal yang terpenting adalah kecocokan anak dengan metode belajar yang diterapkan. Jika kamu memasukkan anak yang memang tidak cocok dengan metode belajar di alam terbuka, kamu akan melihat itu sebagai hal yang sia-sia meskipun sudah mendaftarkannya di sekolah alam terbaik. Namun, jika si kecil memang cocok dengan metode belajar alam, dijamin sekolah akan menjadi hal yang menyenangkan untuknya.