1. Ajari Anak untuk Menolak Ajakan Orang Tak Dikenal

Biasanya anak-anak akan mudah percaya dengan orang dewasa apalagi jika diming-imingi uang atau makanan kesukaannya. Untuk itu Moms wajib untuk mengajarinya untuk menolak ajakan orang tak dikenal. Latih anak untuk berteriak atau berlari jika bertemu orang tak dikenal yang  mengajaknya ia pergi. Selain itu, sesekali antar dan jemput anak di sekolah agar Moms tahu situasi dan kondisi sekolah si kecil.

source: https://freepik.com

2. Jangan Pakaikan Anak Perhiasan atau Gadget

Salah satu yang menjadi pemicu terjadinya penculikan adalah karena orang tua yang membiarkan anak menggunakan gadget bagus atau perhiasan. Ini tentunya memicu penculik untuk mencuri dan bahkan menculik anak moms. Duh Moms, ada baiknya jangan dulu memberikan anak gadget sendiri atau perhiasan dan sebagainya, ya.

source: https://freepik.com
baca juga

3. Jalin Komunikasi dengan Guru dan Orang Tua Murid Lainnya

Untuk menghindari kasus anak hilang, Moms harus menjalin komunikasi dengan guru dan pertemanan bersama orang tua murid lainnya. Jika Moms atau pengasuh berhalangan menjemput, anak harus memberitahukan pada guru. Moms juga harus menghubungi guru atau orang tua murid yang lain, untuk menghindari anak dijemput oleh orang yang tidak dikenal. 

source: https://freepik.com

4. Jangan Biarkan Anak Main Sendiri

Saat anak bermain sendirian di halaman atau lingkungan sekitar rumah, usahakan agar ia selalu dalam pengawasan. Jangan sampai anak terlepas dari jangkauan pandangan Moms. Perlu Moms ketahui, penculikan bisa terjadi di mana saja dan dengan waktu yang sangat cepat. Jika perlu pasang CCTV di area-area penting seperti teras rumah dan bagian belakang rumah. Kasus anak hilang yang sering terjadi akhir-akhir ini, mengharuskan Moms ekstra ketat menjaga si kecil dan jangan mengalihkan perhatian sedikit pun saat anak sedang bermain

source: https://freepik.com