1. Ceritakan Hal-hal Menyenangkan Tentang Sekolah

Beberapa anak ada yang semangat dan tidak sabar untuk ke sekolah, namun ada juga yang malas-malasan karena cemas atau takut. Jika anak Moms tipe penakut dan malas ke sekolah pertamanya, maka Moms harus menggunakan beberapa trik. Salah satunya adalah dengan menceritakan hal-hal menarik yang ada di sekolah. Misalnya di sekolah anak akan bertemu dengan teman-teman baru dan bisa bermain bersama, makan bersama, dan belajar bersama. 

source: https://www.parenttoolkit.com

2. Buatkan Bekal yang Enak dan Lucu 

Biasanya anak-anak suka sekali jika dibuatkan bekal kesukaan dengan berbagai bentuk yang lucu-lucu. Misalnya bekal bento dengan karakter yang menjadi favorit si kecil. Selain itu Moms harus menceritakan hal-hal menyenangkan di sekolah, misalnya di sekolah nanti anak akan makan bersama teman-temannya dan saling bertukar makanan. Tentunya dengan begitu anak tidak akan sabar untuk berangkat ke sekolah dan bertemu teman-temannya. 

source: https://shutterstock.com
baca juga

3. Jangan Langsung Meninggalkan Anak

Mungkin maksud Moms dengan meninggalkan anak, ia akan tidak sadar dengan ketidakberadaan ibunya. Namun, justru hal ini bisa membaut anak menjadi lebih histeris karena tidak ada Moms di dekatnya. Untuk mengatasinya sesampainya di sekolah, ajarkan si kecil untuk berkenalan dengan teman-teman barunya. Cara ini juga bisa membantu mengalihkan pikiran dan juga perhatiannya jika nanti Moms harus menunggu di luar kelas.

source: https://www.mcssl.com

4. Beri Pengertian Pada Anak

Mau tidak mau Moms harus membuat si kecil menjadi mandiri. Meski masih kecil, anak-anak juga harus diajarkan rasa bertanggung jawab termasuk dalam hal sekolah. Misalnya, biasakan ia untuk bagun pagi dan berikan semangat agar ia rajin ke sekolah. Buat anak menjadi menyukai sekolahnya dan teman-temannya. Hal ini bisa membuat ia betah dan tidak khawatir jika ditinggal.

source: https://www.healthyessentials.com