Penyebab Biang Keringat Bayi

Biang keringat atau miliaria adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal dan perih pada kulit. Bayi paling sering terkena kondisi ini, karena kulit mereka sangat sensitif terhadap paparan suhu panas dan lembab. Biasanya biang keringat paling sering muncul di lipatan kulit, seperti leher, ketiak, siku, dan selangkangan.

Biang keringat terjadi akibat penyumbatan saluran keringat. Penyumbatan itu menimbulkan penggumpalan karena terpicu bakteri yang tidak berbahaya di bawah lapisan kulit. Nah, penumpukan keringat akhirnya menyebabkan iritasi berupa bintil merah. Pori-pori kulit yang kecil pada bayi juga turut berperan menyebabkan biang keringat.  Faktor yang memengaruhi munculnya biang keringat di antaranya bayi terlalu lama terpapar udara panas dan lembab, mengenakan pakaian tidak menyerap keringat dan kebersihan kulitnya tidak terjaga dengan baik. 
 

source: http://www.momjunction.com

 

Cara Mengatasi Biang Keringat Bayi

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan 6 langkah-langkah dalam mengatasi biang keringat pada bayi. Apa saja? 

1. Ganti Baju Bayi
Setiap kali bayi berkeringat, segera ganti bajunya. Perhatikan bahan pakaian bayi. Gunakan pakaian yang nyaman, menyerap keringat dan tidak panas. 

2. Keringkan Kulit
Sebelum memakaikan pakaian baru pada bayi, sebaiknya Moms membersihkan area biang keringat pada tubuh bayi, yang muncul di leher, dada ataupun punggung. Gunakan kain yang telah dibasahi air hangat. Atau Moms juga bisa memandikan si kecil dengan air suam-suam kuku. 

3. Hindari Pemakaian Handuk
Setelah membersihkan tubuh bayi, jangan langsung mengeringkan dengan handuk. Melainkan, biarkan sebentar hingga kering sendiri. Penggunaan handuk dihindari karena dapat menggesek area biang keringat bayi sehingga malah akan tambah parah. Setelah kulit benar-benar kering, barulah Moms memakaikan baju untuk bayi. 

 
source: https://id.pinterest.com

 
baca juga

4. Pakai Bedak
Moms boleh mengaplikasikan bedak bayi, terutama yang memberi sensasi dingin pada kulit. Usap perlahan pada area biang keringat dan yang berisiko terkena biang seperti liptan kulit, leher, dada dan punggung.

5. Pilih Baju yang Bersih, Lembut dan Menyerap Keringat
Pemilihan baju sangat penting dalam mengatasi biang keringat, Moms. Pakaikan baju yang bersih dan mampu menyerap keringat dengan baik seperti bahan katun dan kaos. Selain nyaman, bahan ini tidak membuat bayi mudah kepanasan. 

6. Penggunaan Obat Luar
Apabila peradangan pada kulit bayi sangat banyak dan cukup parah, maka segera berkonsultasi dengan dokter terkait penggunaan obat yang tepat. Biasanya dokter akan meresepkan obat luar seperti salep atau bedak khusus untuk megobati biang keringat bayi. 
 

source: https://id.pinterest.com