Fisik

Jangan khawatir kalau selama beberapa minggu di awal, si kecil mengalami sedikit penurunan berat badan ya, Moms. Hal ini wajar, karena umumnya di minggu pertama bayi kehilangan cairan di dalam tubuh. Namun, pada minggu-minggu berikutnya, berat badannya akan kembali naik. Nah, saat sudah mencapai usia 1 bulan, berat badan bayi akan makin bertambah dan setidaknya naik sampai setengah ons setiap hari. 
 
source: https://www.mumsnet.com

 

Keterampilan Motorik

Mungkin bayi belum banyak memperlihatkan perkembangan motorik, namun di usia 1 bulan bayi sudah bisa melakukan gerakan-gerakan refleks, seperti refleks mengisap. Saat disodori payudara, mulut bayi akan refleks mengisap ASI. Jika Moms memasukkan tangan ke genggamannya, maka telapak tangannya akan menutup. Bahkan di usia 1 bulan, bayi sudah memiliki naluri berjalan. Coba pegang bayi dengan posisi berdiri dan kakinya bersentuhan dengan lantai. Lihat apa yang terjadi. Bayi pasti akan mencoba menapakkan kaki dan menggoyangkannya seolah-olah berjalan. 
 
source: http://www.momjunction.com

 
baca juga

Tidur

Bayi usia 1 bulan belum bisa melakukan banyak hal dan lebih dari separuh harinya dihabiskan untuk tidur. Ya, bayi yang usianya baru beberapa minggu tidur kurang lebih 14-16 jam setiap hari. Siklus tidurnya juga belum normal, kadang terlelap di siang hari dan terjaga di malam hari. Hal ini disebabkan bayi belum memiliki konsep jelas tentang malam hari. Selain itu, bayi lebih banyak mengalami tidur REM sehingga mudah terbangun. Jadi, jangan heran kalau di bulan-bulan pertama, Moms dan suami jadi sering begadang mengikuti waktu tidur bayi. Seiring pertambahan usianya, tidur bayi akan menjadi normal. 
 
source: https://www.babycentre.co.uk

 

Panca Indera

Di bulan pertama, kemampuan panca indera bayi sudah memperlihatkan beberapa kemampuan seperti matanya yang mencari sumber cahaya dan wajah ibu meski belum terlalu fokus. Soal indera pendengaran, bayi 1 bulan sudah mengenali suara ibunya dan suka dengan suara-suara tinggi. Jadi, di usia ini Moms bisa selalu mengajak bayi mengobrol untuk merangsang indera penglihatan dan pendengarannya menjadi lebih tajam. Sementara untuk indera penciuman, bayi bisa mengenali aroma ASI dan payudara sang ibu. 
 
source: http://momdadi.com/momdadi/perkembangan-panca-indera-bayi/

 
baca juga

Komunikasi

Bayi berumur satu bulan memiliki satu mode komunikasi yakni menangis. Bayi bisa menangis sampai tiga jam dalam sehari. Menangis adalah cara bayi untuk mengatakan, "Aku lapar!", "Aku ingin pipis.", "Aku lelah." dan sebagainya. Setiap ibu memiliki naluri untuk mengartikan arti tangisan bayi ini. Tak perlu khawatir kalau bayi menangis ya, Moms. Seiring pertambahan usianya, frekuensi bayi menangis akan semakin berkurang kok. Saat menangis, langsung tenangkan bayi dengan memberikan hal-hal yang ia inginkan. 
 

source: http://bebezclub.com