Bayi 1 Bulan

Bayi memang lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Ya, bayi baru lahir tidur 14-16 jam dalam sehari. Tapi jangan kira ia belum bisa melakukan apa-apa ya. Di usia 1 bulan, bayi akan belajar mengangkat kepala dan merespon sumber suara lho, Moms. Selain itu, mata bayi juga sudah bisa melihat sesuatu dengan samar-samar. Yang pasti ia suka memandang wajah sang ibu tercinta. 

Bayi 2 Bulan

Nah, kemampuan mengangkat kepala sudah jauh lebih bagus di usia 2 bulan. Si bayi sudah mampu mengangkat kepala meski hanya sebentar. Sementara soal indra penglihatan, mata bayi mampu mengikut objek bergerak yang dilihatnya. 

Bayi 3 Bulan

Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu para orang tua. Di usia 3 bulan, umumnya bayi sudah bisa tertawa apalagi ketika digelitik atau diajak bermain. Bayi juga sudah bisa mengenal wajah, suara dan aroma orang tuanya. 

 
source: https://www.motherandbaby.co.uk

 

Bayi 4 Bulan

Di usia 4 bulan, kemampuan mengangkat kepala bayi semakin mantap. Yang cukup mengejutkan, beberapa bayi sudah bisa mengoceh di usia ini. Bayi mengoceh karena merasa senang mendengar suara ibunya atau melihat benda-benda sekitarnya. Beberapa bayi malah sudah bisa berguling dan memperlihatkan kemampuan motorik halus dengan meraih dan menggenggam benda. 

Bayi 5 Bulan

Kemampuan motorik bayi makin berkembang pesat. Di usia ini bayi sudah mengangkat benda dan tidak dijatuhkannya. Bayi akan senang sekali bermain dengan mainan yang menghasilkan suara. Jadi, Moms bisa memberikan bayi alat musik mainan seperti drum untuk dipukul. 

Bayi 6 Bulan

Banyak kemampuan menakjubkan yang bisa dilakukan bayi di usia ini. Motorik kasarnya semakin berkembang pesat seperti bayi mampu berguling ke kedua sisi dan belajar duduk sendiri. Nah, di usia ini juga bayi sudah mulai mengenal makanan padat atau MPASI. Lihat pula pertumbuhan giginya. Di usia 6 bulan biasanya gigi susu pertama bayi mulai muncul. 
 
source: https://www.motherandbaby.co.uk

 
baca juga
Bayi 7 Bulan

Beberapa bayi ada yang sudah bisa merangkak di usia ini. Tapi, kalau buah hatimu belum, maka tak perlu khawatir. Tunggulah sebentar, maka ia akan memperlihatkan kemampuan merangkaknya. Jangan heran kalau si kecil tidak bisa diam mengoceh saat usianya 7 bulan. Hal itu wajar karena merupakan isyarat jika kemampuan bahasa dan komunikasinya makin berkembang. 

Bayi 8 Bulan

Siap-siap Moms menangis terharu, karena di usia ini si kecil mungkin mulai bersuara memanggil "ma ma" atau "ba ba". Selain itu kemampuan merangkak bayi semakin mantap. Saking penasarannya, bayi akan merangkak ke sana ke mari. Usahakan untuk memberikan ruang yang aman untuk bayi merangkak. 

Bayi 9 Bulan
Moms mungkin agak kesal melihat tingkah laku bayi di usia 9 bulan. Seiring dengan pertambahan usianya, bayi akan mulai memiliki kemampuan menjatuhkan dan membuang benda, juga menggedor pintu. Tapi, yang bikin senang, di usia ini bayi setidaknya bisa mengucapkan beberapa kata. 
 
source: https://www.motherandbaby.co.uk

 
Bayi 10 Bulan

Setelah merangkak, bayi akan belajar berdiri. Biasanya di usia ini bayi akan berupaya berdiri dengan berpegangan pada benda-benda sekitarnya. Bayi juga sudah fasih mengucapkan "mama" atau "papa" lho. Kata itu tidak sembarangan diucapkan, namun hanya saat melihat ayah dan ibunya. 

Bayi 11 Bulan

Setelah berdiri dengan mantap, bayi akan menuju tahap selanjutnya yaitu berjalan. Bantu bayi berjalan sambil membimbingnya atau memberikannya push walker. 

Bayi 12 Bulan

Siap-siap merencanakan perayaan ulang tahun untuk si kecil, Moms. Selain itu, Moms perlu merayakan langkah pertama si kecil, yang berjalan tanpa bantuan. Jangan lupa abadikan dengan kamera ya. Soal kemampuan bahasa, si kecil sudah memiliki cukup banyak perbendaharaan kata-kata. Wah, senang ya melihatnya!
 
source: https://www.motherandbaby.co.uk/