1. Terdapat Benjolan

Umumnya sekitar 80% dari wanita dengan kanker payudara pertama kali
mengeluhkan gejala yang paling umum adalah benjolan payudara. Benjolan pada payudara ini ada yang terasa sakit dan juga tidak. Terkadang puting bisa mengerut (tertarik ke dalam) atau berdarah, serta ada pembengkakan pada kulit payudara. Kelenjar getah bening ketiak juga dapat membesar. Nah, jika sudah stadium lanjut kanker payudara dapat menyebar ke hati, tulang, paru-paru, atau otak.
 

source: https://www.cbsnews.com

2. Perubahan Warna Kulit Payudara

Selain timbulnya benjolan, kanker payudara stadium awal juga bisa menyebabkan perubahan pada warna dan kulit payudara dimana kulit payudara akan terlihat kemerahan seperti iritasi. Selain itu kulit payudara juga akan menebal seperti kulit jeruk dan permukaan kulit payudara tampak berlekuk-lekuk. Namun pada sebagian kasus ada juga yang tidak mengalami gejala perubahan kulit dan warna payudara. Untuk mencegahnya periksakan sedini mungkin jika Moms memiliki gejala seperti ini. Selain itu mengonsumsi makanan sehat dan jauh dari alkohol serta rokok juga bisa menghindari gejala kanker payudara.

source: https://onhealth.com
baca juga

3. Perubahan Ukuran Payudara
 

Biasanya, bentuk dan ukuran payudara wanita dengan kanker payudara ini berbeda. Perubahan bentuk dan ukuran itu bisa diketahui dengan mudah. Misalnya jika kamu biasanya memakai bra ukuran 36, kini berubah menjadi ukuran bra 34. Artinya payudara semakin mengecil. Selain itu muncul kerutan di payudara, yang biasanya hanya terjadi pada wanita usia lanjut usia yakni kasar dan bergelambir.

source: https://www.hellomagazine.com

4. Timbul Rasa Nyeri

Rasa nyeri di payudara memang sangatlah umum dan biasanya bukan tanda-tanda kanker payudara. Mungkin Moms pernah merasakan nyeri di salah satu atau kedua payudara dan rasa nyerinya hilang setelah beberapa waktu. Meski begitu ada baiknya Moms memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah nyeri yang dirasakan gejala kanker payudara atau bukan.

source: https://fortissima.com.br