Munculnya Benjolan Atau Bengkak Di Sekitar Payudara, Ketiak atau Tulang Selangka

Benjolan pada payudara merupakan tanda paling awal yang harus kamu perhatikan. Selain di payudara, kamu juga harus memperhatikan benjolan dan bengkak di ketiak dan tulang selangka. Apabila kamu menemukan adanya tanda-tanda benjolan atau bengkak yang tidak wajar, segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan melakukan USG untuk melihat apakah benjolan itu berbahaya atau tidak. 
 

source: http://allisya.id/


 


Perubahan Kulit

Kehadiran sel-sel kanker akan membuat perubahan pada kulit. Itulah sebabnya Moms dapat mengidentifikasi kanker dari penampakan kulit luar sekitar payudara. Selain itu, sel kanker juga akan menutup jalur getah bening sehingga memberikan dampak timbulnya kerutan di sekitar payudara yang diikuti rasa gatal atau kesemutan. Tanda lain juga dapat dilihat dari adanya perubahan pada penampilan payudara seperti kulit mencekung kedalam, kulit kemerahan dan adanya penebalan. 
 

source: https://faktakanker.com/


 

baca juga


Perubahan Pada Puting

Moms perlu waspada apabila terjadi perubahan bentuk puting menjadi menekuk ke dalam. Apalagi jika disertai dengan keluarnya cairan dari puting atau adanya perubahan aneh di sekitarnya. Semua perubahan aneh pada puting bisa menjadi tanda-tanda adanya kanker payudara. Sebelum terlambat, segera periksakan payudara ke dokter spesialis onkologi. 
 

source: https://sudardjattanusukma.files.wordpress.com/


 


Rasa Nyeri Pada Payudara

Rasa nyeri pada payudara saat akan menstruasi merupakan hal wajar. Normalnya, rasa sakit tersebut akan menghilang ketika menstruasi dimulai. Namun, yang perlu diperhatikan apabila nyeri di payudara terasa bukan di saat siklus menstruasi. Khususnya jika rasa sakit terus menerus terasa sampai membuat merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Apabila mengalami hal ini, segera temui dokter untuk mengetahui penyebabnya. 
 

source: https://duniabidan.com/


Nah, itulah beberapa tanda-tanda gejala kanker payudara yang harus diwaspadai. Semoga bermanfaat, Moms!