Bayi

Mendidik anak tentang sopan santun di meja makan atau table manner sudah bisa dimulai sejak si kecil masih berusia bayi, Moms. Biasakan bayi disuapi makan dalam keadaan duduk di kursi tinggi. Dan tiap kali makanan belepotan di sekitar mulut bayi, segeralah dibersihkan. Dengan membiasakan hal ini secara konsisten, maka bayi juga akan merekam bahwa jika makan harus duduk, bukannya jalan-jalan. Dan juga bahwa kalau makan harus rapi, tidak boleh berantakan.
 

source: https://fthmb.tqn.com/bPGrt-zjf3Sng3qdHboPoIhTfdM=/960x0/filters:no_upscale()/Motherfeedingbaby-GettyImages-702542687-59be02100d327a00113be00c.jpg

Batita

Saat si kecil menginjak usia batita, Moms perlu menaikkan level kesabaran karena di usia inilah si kecil mulai pecicilan dan tidak mau duduk diam saat waktunya makan. Namun jangan menyerah begitu saja, Moms. Tetaplah bersikap tegas dalam mengajarkan sikap duduk yang baik saat makan dan puji si kecil tiap kali mampu melakukannya. Usia batita ini juga merupakan usia yang tepat untuk mengajarkan si kecil tentang penggunaan kata "tolong" dan "terima kasih" di meja makan. Biasakan juga agar anak selalu menjaga ketenangan di meja makan, termasuk melarangnya dengan tegas untuk berteriak.
 

source: https://i.ytimg.com/vi/1hH2gPQ0DTg/maxresdefault.jpg
baca juga

Balita

Usia balita atau usia prasekolah merupakan usia yang tepat untuk mengajarkan si kecil makan sendiri dengan menggunakan peralatan makan seperti sendok, garpu, gelas, dan sebagainya. Agar si kecil semangat untuk mempelajarinya, gunakan peralatan khusus anak yang ukurannya kecil dengan tampilan berwarna-warni. Untuk permulaan, gunakan peralatan makan yang anti pecah, kemudian bisa dilanjutkan secara bertahap ke peralatan makan biasanya seperti piring keramik dan gelas kaca.
 

source: https://healthyeatinghub.com.au/wp-content/uploads/2014/01/iStock_000057208428_Medium.jpg

Usia Sekolah

Di tahap usia sekolah, Moms bisa mengajarkan si kecil tentang etika di meja makan yang lebih detail lagi, seperti:

  • Saat mengunyah makanan, bibir harus tertutup dan tidak boleh sambil berbicara agar makanan di dalam mulut tidak terlempar keluar.
  • Berkumur saat minum merupakan hal yang tidak sopan. Jika memang ingin melakukannya, lakukanlah dengan perlahan dan tanpa suara.
  • Jangan bersendawa sembarangan saat sedang makan dengan orang lain di meja makan karena suaranya akan mengganggu selera makan orang lain.
  • Selalu rapikan peralatan makan di meja setelah usai digunakan di mana pun, baik di rumah ataupun di tempat makan agar memudahkan siapa pun yang akan membereskan meja makan, termasuk diri sendiri.
source: http://hgtvhome.sndimg.com/content/dam/images/hgtv/fullset/2013/5/10/0/TS-161146814_family-with-small-kids-eat-in-kitchen-breakfast.jpg.rend.hgtvcom.1280.960.jpeg