Apa itu tes mammogram?

Tes mammogram atau mammografi merupakan teknik scan menggunakan sinar rontgen dosis rendah. Fungsi tes mammogram adalah untuk mendeteksi dan mendiagnosa kanker payudara dalam tubuh seseorang.
 

source: https://media.npr.org/assets/img/2017/06/22/mammogram-1_custom-e38951becb4c662df24bd2b9aa52855eb719efee-s900-c85.jpg


Kapan harus melakukan tes mammogram?

Tidak semua kanker payudara menunjukkan gejala yang tak biasa pada payudara. Atau, Moms bisa saja melewatkan gejala tersebut. Dan patut diketahui, seluruh wanita memiliki risiko terkena kanker payudara. Jika Moms tidak memiliki riwayat kanker payudara dalam anggota keluarga, maka Moms bisa memulai tes mammogram pada usia 40 tahun sebanyak 1-2 tahun sekali. Namun Moms perlu melakukannya lebih dini jika memiliki anggota keluarga dengan kanker payudara.
 

source: https://nycadventurebootcamp.files.wordpress.com/2013/08/group-of-women2.jpg
baca juga

Apa yang harus dipersiapkan sebelum tes mammogram?

  1. Konsultasikan pada dokter.
  2. Pastikan Moms tidak sedang dalam kondisi hamil atau menyusui.
  3. Jadwalkan pada hari ke-11 setelah haid pertama agar Moms lebih nyaman.
  4. Tidak menggunakan parfum, deodoran, losion, dan segala macam produk wewangian.
  5. Tidak menggunakan perhiasan di sekitar dada.
  6. Gunakan pakaian two pieces atasan dan bawahan agar lebih praktis.
     
source: http://www.bccancer.bc.ca/screening/PublishingImages/technologist-helping-woman-with-mammogram.jpg

 

Apa yang akan terjadi di dalam ruangan tes mammogram?

Ruangan tes mammogram merupakan ruangan tertutup seperti ruangan rontgen pada umumnya. Di dalamnya hanya akan ada Moms dan petugas tes mammogram. Moms akan diminta untuk melepaskan seluruh pakaian yang menutupi dada. Kemudian payudara Moms akan ditempelkan pada layar scan rontgen dan ditekan ke bawah oleh sebuah kompresor. Biasanya Moms akan diminta untuk menahan nafas dan mungkin Moms akan merasa agak nyeri saat payudara Moms ditekan. Namun jangan khawatir, Moms. Proses ini hanya berlangsung dalam hitungan detik. Setelah selesai Moms bisa kembali menggunakan pakaian, wewangian, dan beraktivitas seperti biasa.
 

source: https://obgynwc.com/wp-content/uploads/2016/05/Untitled-design-73.jpg
baca juga

Bagaimana dengan hasil tes mammogram?

Hasil tes mammogram biasanya muncul 2 minggu setelah tes. Namun jika belum dikabari, jangan lega hati dulu, Moms. Proaktiflah untuk mendapatkan hasilnya lalu kemudian Moms bawa ke dokter untuk informasi yang lebih jelas.
 

source: http://www.communitycare.com/DynamicFile/mammogram-1200x600.jpg