Khawatir Hubungan dengan Anak Menjauh

Para ibu pasti sangat paham dengan fase emas anak di usia balita. Saat fase ini, anak membutuhkan kasih sayang yang penuh dari orang tua. Meskipun begitu, ada banyak kondisi yang membuat anak terpaksa harus dititipkan ke daycare saat orang tua bekerja. Itulah sebabnya, para ibu bekerja sering merasa risau jika anak menjadi kurang perhatian dari orang tuanya.
 

source: http://lkpanel.mramagazines.com/


Meskipun begitu, Moms dapat mencoba mengatasinya dengan meluangkan waktu spesial untuk anak setiap pulang bekerja, seperti mengantarnya tidur dengan membacakan cerita atau menghabiskan waktu akhir pekan hanya untuknya.
 


Risiko Anak Sakit

Menitipkan anak di tempat penitipan anak merupakan hal yang memang cukup berisiko. Daycare adalah tempat umum yang di dalamnya banyak sekali anak-anak dan orang dewasa yang mungkin saja membawa virus dan kuman penyakit. Tidak jarang anak-anak akan mengalami sakit di awal-awal masa adaptasinya di daycare.
 

source: https://www.todaysparent.com/baby/baby-health/when-baby-is-sick/


Itulah sebabnya Moms harus memastikan tempat menitipkan anak memang sangat memperhatikan faktor kesehatan anak dan para pengasuh.
 

baca juga


Anak Tidak Bisa Beradaptasi

Sebagian para ibu pasti menginginkan kelak anaknya menjadi anak yang supel, mudah bergaul, dan disukai banyak orang. Tapi perlu Moms sadari, tidak semua anak memiliki potensi sosial yang sama. Dilema yang sering dikhawatirkan para ibu adalah saat mengharapkan anak dapat terlatih kemampuan sosialnya tetapi ternyata ia malah sulit beradaptasi dengan lingkungan yang terlalu ramai.
 

source: https://www.pinterest.com/


Jika itu terjadi pada anak, pastikan Moms terus menjalin komunikasi dengan pengasuhnya untuk melihat progres anak. Pastikan juga Moms memikirkan opsi lain untuk melatih kemampuan sosial anak dengan cara yang lebih optimal.
 


Pengasuh yang Tidak Sesuai

Saat memilih menitipkan anak di daycare, Moms sudah harus memahami bahwa anak tidak akan mendapatkan satu perhatian penuh dari seorang pengasuh. Berbeda dengan menggunakan jasa babysitter yang akan secara optimal memenuhi kebutuhan dan memperhatikan anak, pengasuh di daycare memiliki fokus yang terbagi. 
 

source: http://batam.tribunnews.com/


Jika Moms ingin melatih kemandirian anak, seharusnya hal ini bukanlah masalah bagi. Akan tetapi, terkadang ada saat di mana balita membutuhkan perhatian khusus dari orang dewasa. Itulah sebabnya Moms perlu mengetahui kebutuhan mana yang lebih diprioritaskan untuk anak. Ingat, tidak semua anak memiliki kebutuhan dan kondisi yang sama ya, Moms.