Mulailah untuk Disiplin

Tahukah kamu bahwa ibu merupakan pengatur utama kegiatan rumah tangga? Apabila kamu terlambat bangun tidur, bisa dijamin kamu akan kewalahan mengatur segala urusan penting rumah tangga, anak, apalagi jika harus menulis blog. Hindari menjadwalkan waktu menulis di malam hari hingga larut karena dapat membuat kamu menjadi lebih lelah saat harus mengurus rumah dan anak di siang hari.
 

source: http://www.thenetworkniche.com/


 


Buat List Pekerjaan Harian

Jika kamu sudah bisa disiplin untuk tidur dan bangun tepat waktu, kamu dapat mulai menjalankan aktivitas dengan lebih teratur menggunakan list pekerjaan harian. Kamu dapat menyusun rutinitas yang harus dilakukan seperti menyiapkan sarapan, mengurus anak, dan mengerjakan beragam pekerjaan rumah lain. Pastikan kamu sudah mengetahui betul kapan waktunya agar tidak mengganggu aktivitas lain, terutama produktivitas kamu dalam menulis.
 

source: http://www.sheknows.com/


 

baca juga


Kenali Rutinitas Harian Anak

Jika kamu memiliki anak yang masih balita, pastikan kamu sudah memahami betul rutinitas dan jadwal harian si kecil. Hal ini penting karena si kecil tidak mungkin memyesuaikan jadwalnya dengan jadwalmu. Jadi, kamulah yang harus menyesuaikan jadwal bekerja pada jadwal anakmu. Pastikan kamu mulai bekerja saat anak sudah selesai mandi, berganti popok, dan makan. Dengan bagitu, kamu bisa mulai menulis saat anak sedang bermain atau tidur.
 

source: https://www.nourishmovelove.com/


 


Pilih Lokasi Bekerja yang Tepat

Kamu harus memiliki satu spot di rumah untuk menulis dengan nyaman dan tenang tanpa harus selalu khawatir dengan kondisi rumah dan anak. Lokasi yang tepat ini tentunya harus dekat dengan tempat anak tidur atau bermain. Kamu bisa menyiapkan area bermain anak dan biarkan anak bermain hingga lelah dan tertidur.
 

source: http://www.scarymommy.com/


 

baca juga


Cari Suasana Baru

Sebagai penulis blog, tentu kamu membutuhkan otak dan pikiran yang segar untuk mendapatkan ide baru untuk tulisan yang lebih bagus. Itulah sebabnya kamu perlu untuk mencari suasana baru saat menulis. Kamu bisa mengajak anak pergi ke luar dan membiarkan si kecil bermain di tempat bermain. Kamu dapat menunggunya di meja tunggu sambil menulis blog dengan suasana yang beda dari biasanya. Selain itu, jika ke luar rumah terlalu sulit, kamu juga bisa mencari spot baru yang juga nyaman dengan pemandangan luar rumah atau taman yang lebih menyegarkan.
 

source: https://civileats.com/


Nah, itulah beberapa tips yang perlu untuk kamu terapkan agar dapat mengatur waktu dengan baik sebagai ibu blogger. Percaya atau tidak, meskipun kamu tidak bekerja di kantor, bekerja di rumah juga memiliki tantangan dan masalahnya tersendiri. Jadi, jangan sepelekan apapun pekerjaanmu, ya!