1. Jelaskan Konsep Bekerja secara Sederhana kepada Anak

Sebelum menjawab pertanyaan anak kenapa ibunya harus bekerja, ada baiknya Moms menjelaskan dulu tentang konsep bekerja kepada anak. Penjelasannya bisa lewat storytelling yang Moms karang sendiri ataupun melalui praktek sehari-hari. Misalnya di akhir pekan, Moms mengajak anak untuk bantu-bantu membereskan rumah. Katakan kepada anak bahwa membereskan rumah itu termasuk pekerjaan. Nah, setelah beberes selesai, maka berikan penghargaan kepada anak, misalnya uang saku. Uang saku itu seperti gaji yang Moms terima setelah bekerja selama sebulan penuh. 
 
source: https://www.popsugar.com

 

2. Bekerja untuk Membeli Makanan, Pakaian dan Mainan untuk Anak

"Kenapa sih Mama harus bekerja?" Pertanyaan seperti itu kerap dilontarkan anak yang sudah agak lebih besar. Jawablah dengan jujur pertanyaan tersebut. Berikan penjelasan bahwa Moms bekerja salah satunya karena untuk membelikan anak susu, makanan, baju dan mainan favoritnya. Seumpama Moms tidak bekerja, maka ia tidak bisa memiliki semua itu. Supaya anak lebih paham, maka setelah gajian coba perlihatkan sejumlah uang kepadanya. Katakan bahwa itu hasil Moms bekerja selama ini. Setelah itu ajak ia untuk makan di restoran favorit ataupun menikmati es krim. Dijamin si kecil pasti senang.

 
source: http://child210.blogspot.co.id

 
baca juga

3. Ajak Anak ke Tempat Kerja

Sesekali coba ajak anak ke tempat kerja Moms. Dengan langsung melihatnya maka anak akan semakin paham kenapa dan bagaimana ibunya bekerja. Moms bisa meluangkan waktu sejenak untuk menjelaskan secara sederhana apa saja yang dilakukan selama di kantor. Selain itu, kenalkan pula anak dengan teman-teman kantor Moms. Moms bisa menunjukkan bahwa kalau di kantor ada pemimpin yang sering disebut bos. Nah, dari sini anak bisa memahami sedikit demi sedikit tentang dunia kerja dan tanggung jawab orang bekerja. 
 
source: http://www.ladiesliveandlearn.com

 

4. Buktikan Moms Selalu Ada

Meski sibuk dengan pekerjaan, namun ibu bekerja harus tetap membuat kehadirannya dirasakan oleh anak. Saat sedang senggang di kantor, telepon atau lakukan video call dengan anak. Tanyakan apa saja aktivitasnya hari itu dan katakan bahwa Moms merindukannya sehingga ingin cepat-cepat pulang. Nah, di akhir pekan, gunakan waktu untuk berquality time bersama anak. Hindari menerima job di akhir pekan ini ya, karena bisa mengganggu kebersamaan dengan anak. Anak akan mengingat setiap waktu yang kalian lewatkan bersama lho, Moms! 
 
source: http://www.betterparenting.net/