Biasakan "Sesi Belajar" Dengan Anak Sejak Dini

Idealnya, anak akan memasuki prasekolah di usia 4 tahun. Akan tetapi, sebenarnya si kecil sudah bisa untuk diberikan sesi belajar sejak usia 2 tahun. Belajar yang dimaksud bukanlah dengan buku atau papan tulis, melainkan melalui permainan dan cerita yang Moms bacakan tiap hari untuknya. Tidak jarang anak akan antusias untuk mendengar dan mengetahui hal baru dari sesi belajar di rumah bersama ibunya. Dengan begitu, ia akan siap saat akan bertemu guru dan teman-teman di sekolah nantinya.
 

source: https://www.cadence-education.com/


 

Bangun Cita-Cita Anak Sejak Kecil

Meskipun masih balita, anak yang sudah memahami konsep profesi akan merancang sendiri cita-citanya. Meskipun terkadang terkesan jauh dari realita di masa depan, Moms tetap harus mendukungnya sebab itu akan menjadi motivasinya untuk bisa belajar. Misalnya, saat anak laki-laki ingin menjadi seorang astronot atau anak perempuan yang ingin menjadi dokter hewan di Afrika, Moms dapat memotivasinya untuk bisa rajin belajar dan semangat dalam bersekolah. Dari situ akan mulai pemahaman mengenai sekolah sebagai tempat menuntut ilmu pengetahuan yang penting di masa depan.
 

source: http://huttonpreschool.huttonbabyandtoddlergroup.com/


 

baca juga

Ajaklah Anak Melihat Aktivitas Sekolah

Apabila si kecil memiliki kakak yang sudah bersekolah, ia pasti akan lebih mudah membayangkan apa itu sekolah. Akan tetapi, jika ia merupakan anak pertama, kamu dapat mengajaknya untuk melihat suasana sekolah saat pagi atau siang hari. Perlihatkan bagaimana anak-anak bermain bersama dan dengan rukun dan teratur. Dijamin ia akan semakin bersemangat dalam bersekolah. 
 

source: http://educationarticle.net/


 

Menjaga Rutinitas Sekolah Menyenangkan

Terakhir, apabila si kecil sudah mulai sekolah, Moms perlu terus memantau mood-nya tetap baik selama awal sekolah. Jangan buat ia kesal ataupun kecewa dengan terus memberikannya motivasi dan aura positif. Dimulai dari membangunkan anak dengan cara yang lembut, mengajaknya untuk menyiapkan baju sekolah dan perlengkapannya sendiri, hingga menanyakan menu bekal favoritnya untuk dibawa ke sekolah. Dengan begitu, ia dapat lebih bersemangat dalam mempersiapkan diri untuk sekolah keesokan harinya.
 

source: https://www.bubhub.com.au/


Yang pasti, lakukan semua proses pengenalan konsep sekolah dengan baik. Ingat, ia akan menempuh waktu pendidikan yang tidak sebentar untuk prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan perguruan tinggi. Tentu akan ada suatu titik di mana ia merasa bosan dan jenuh. Tetapi, dengan memberikan konsep dan pemahaman sekolah yang menyenangkan sejak dini, itu dapat diminimalisir dan Moms akan selalu ada untuk tempat si kecil bercerita.