Apa Itu Gluten?

Gluten adalah salah satu jenis kandungan protein yang terkandung di dalam beragam biji-bijian, seperti misalnya dalam gandum, barley, dan sejenisnya. Dengan kata lain, semua jenis bahan baku seperti terigu bisa dipastikan mengandung gluten. Itulah sebabnya, beragam makanan seperti kue, cookies, roti, serta mi instan dan pasta juga memiliki kandungan gluten. Bahkan, saus dan kecap yang biasa dikonsumsi juga memiliki kandungan gluten.
 

source: https://healthyceleb.com/


 


Bahaya Gluten

Kalau gluten ini protein, mengapa banyak produk makanan yang berbondong-bondong mempromosikan produk gluten free, ya? Nah, pada dasarnya itu disebabkan pencernaan manusia yang sebenarnya kesulitan mencerna gluten dengan baik. Dengan kata lain, nutrisi akan sulit terserap sehingga dapat mengakibatkan gangguan metabolisme tubuh.
 

source: https://easyrecipedepot.com/

Tidak hanya itu, gluten sendiri juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih dikenal dengan sebutan Celiac Disease, yaitu sebuah gangguan autoimun yang muncul karena tubuh merespon gluten sebagai zat yang berbahaya. Inilah yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh berproses melakukan mekanisme pertahanan yang risikonya dapat mengenai jaringan tubuh lain juga. Apabila ini terjadi secara terus-menerus, mekanisme pertahanan ini dapat mengganggu dinding usus, sehingga penyerapan nutrisi semakin terhambat.

Gejalanya ditandai dengan munculnya keluhan diare, perut kembung, stamina menurun, tubuh terasa lemas dan letih, sering mual dan muntah setelah makan makanan dengan kandungan gluten, dan sebagainya.
 

baca juga


Haruskan Gluten Dihindari?

Pada dasarnya, gluten bukanlah bahan makanan beracun. Jadi, Moms tidak perlu menjadi khawatir jika harus memberikan makanan dengan kandungan gluten pada si kecil. Akan tetapi, untuk awal pertumbuhan si kecil, ada baiknya lebih mengutamakan pemberian asupan bebas gluten untuk memastikan nutrisi dan gizi dapat terserap dengan baik oleh pencernaan si kecil. Perlahan, kita dapat memberikan makanan biasa seiring dengan pertambahan usianya. 
 

source: https://hellosehat.com/


 


Inspirasi Menu Gluten Free Untuk Anak

Menu gluten free ternyata juga enak untuk disantap. Moms bisa mencoba beragam variasi menu gluten free dengan menggunakan bahan dasar makanan yang tidak mengandung gluten. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan bahan makanan biasa, memberikan menu yang sehat perlu diupayakan.

Nah, berikut ini adalah salah satu resep kue wortel bebas gluten untuk camilan si kecil yang pasti disukai si kecil!
 

youtube:b0fVNXazkh8
source: https://www.youtube.com/watch?v=b0fVNXazkh8
Resep: Kue Wortel / Carrot Cake I GLUTEN FREE, SUGAR FREE | MERI ANGGRAINI