Masalah Pada Kulit
        
Pada beberapa kasus alergi terhadap makanan bisa langsung berakibat masalah pada kulit. Alergi makanan MPASI pada bayi biasanya ditandai dengan muncul ruam kemerahan yang disertai dengan rasa gatal. Selain itu, bisa juga ditandai dengan munculnya bintik warna merah seperti gigtan nyamuk. Salah satu menu MPASI yang bisa menjadi penyebab alergi adalah jenis makanan laut.
 

source: http://www.patientcareonline.com/


 


Masalah Pada Pernafasan

Selain ruam pada kulit, masalah pernafasan juga bisa menjadi tanda anak mengalami alergi pada makanan. Hal ini ditandai oleh beragam hal, seperti misalnya bersin-bersin untuk alergi ringan. Namun, untuk alergi akut, gejala yang ditimbulkan bisa sampai menyebabkan sesak nafas. Hal ini sangat harus diperhatikan oleh orangtua karena bila telat dalam penanganannya bisa menyebabkan masalah serius. 
 

source: https://www.respiratorytherapisteducation.com/


 

baca juga


Masalah Pencernaan

Saat anak mengalami mual sampai muntah setelah makan, bisa jadi itu merupakan salah satu tanda alergi pada makanan. Selain gejala mual dan muntah, perut kembung, mencret dalam waktu berdekatan setelah makan dengan bentuk feses lebih cair dari biasanya, juga dapat menjadi tanda lain anak mengalami alergi pada makanan.
 

source: https://celebbabylaundry.com/


 


Perubahan Psikis

Tidak hanya gejala fisik, alergi makanan pada anak juga dapat ditandai dengan perubahan psikis, misalnya anak menjadi gelisah dan rewel. Anak menjadi lebih rewel dari biasanya karena rasa tidak nyaman dalam tubuhnya. Walaupun sudah ditenangkan dan digendong tapi tidak berhenti menangis juga. Lalu, sulit untuk ditidurkan dan terlihat pucat. Ini bisa menjadi tanda ada yang salah dalam tubuhnya. 
 

source: https://images.theconversation.com/


Itulah tanda-tanda anak mengalami alergi pada makanan. Meskipun cenderung menakutkan, hal ini biasa terjadi. Jangan sampai potensi alergi membuat Moms terlalu takut dalam mencoba makanan baru pada anak. Tahapan MPASI dapat dijadikan momen bagi ibu untuk mengetahui karakteristik tubuh anak dalam menerima makanan tertentu. Jadi, tetap perhatikan tiap asupan yang masuk ke tubuh si kecil, ya!