1. Tidur Cukup
Si kecil setidaknya membutuhkan waktu tidur sebanyak 8 jam di setiap malamnya. Agar tidurnya cukup, tentunya Moms perlu membuatnya terbiasa tidur di waktu yang lebih awal alias sebelum larut malam. Ketahui kebiasaan si kecil sebelum tidur. Apakah itu menonton televisi, bermain gadget, minum susu, dan sebagainya. Berikan hal tersebut lebih awal dari biasanya bersama dengan penjelasan bahwa setelahnya ia harus segera tidur agar bisa bangun lebih awal keesokan paginya.
 

source: https://www.kevinmd.com/blog/wp-content/uploads/shutterstock_146654615.jpg

2. Bangunkan dengan Lembut
Orang dewasa saja akan kesal jika dibangunkan dengan kasar dan suara lantang, apalagi anak kecil, Moms. Selalu bangunkan si kecil dari tidurnya dengan lembut. Selipkan juga kecupan-kecupan kecil, tanpa mengguncang-guncang tubuhnya dengan berlebihan dan dengan teriak-teriak, apalagi dengan perkataan mengancam. Dengan membangunkan si kecil dengan lembut, ia akan terbangun dengan mood yang baik.
 

source: https://www.understood.org/~/media/2f5afc6791b54f50bac314b3b1ca9211.jpg
baca juga

3. Menyetel Alarm
Ajari dan ajak si kecil untuk menyetel alarm atau jam beker. Jika perlu, ajak si kecil untuk memilih jam bekernya sendiri di toko. Berikan juga penjelasan mengapa si kecil harus bangun pagi, dan mengapa ia membutuhkan bantuan alarm atau jam beker. Kegiatan bangun pagi pun akan terasa menyenangkan karena sudah dipersiapkan dengan menyetel alarm atau jam beker favoritnya dari malam sebelumnya.
 

source: https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/G/01/aplusautomation/vendorimages/bbd2f0a5-01a6-4692-ba52-7253d375235d.jpg._CB274632361_.jpg

4. Berikan Contoh
Anak kecil selalu mencontoh kebiasaan orang tuanya. Maka, biasakanlah pula Moms dan Dads bangun pagi dan memulai aktivitas di pagi hari. Dengan demikian si kecil akan memahami sendiri aktivitas apa saja yang dilakukan di pagi hari, dan terbiasa akan keadaan rumah yang sudah 'sibuk' pagi-pagi. Semakin bertambah usia si kecil, maka pola bangun pagi akan semakin tertanam dalam dirinya, dan akan merasa 'ketinggalan' jika ia bangun kesiangan sementara anggota keluarga yang lain sudah mulai beraktivitas.
 

source: https://s-i.huffpost.com/gadgets/slideshows/281803/slide_281803_2124720_free.jpg