1. Hitung-hitung Biaya

Setiap orang tua pasti ingin anaknya agar menempuh pendidikan sampai ke tingkat tinggi, yakni perguruan tinggi. Meski waktunya masih terlalu lama, namun tak ada salahnya Moms menghitung-hitung dana pendidikan anak sampai ke arah sana. Hitung-hitunglah biaya mulai dari prasekolah, SD, SMP, SMA, sampai universitas. Tentukan pula sekolah yang hendak dituju. Menurut pola pengajaran ada 3 jenis sekolah yakni negeri, swasta dan internasional. Biaya sekolah negeri lebih murah dibanding sekolah swasta dan sekolah internasional. Jangan lupa untuk menyesuaikan kesanggupan keuangan dengan biaya sekolah ya, Moms! 
 
source: https://www.livestrong.com

 
2. Asuransi Pendidikan

Ada 2 skema yang bisa diambil orang tua dalam menyiapkan dana pendidikan anak yaitu menabung dan asuransi. Menabung hampir mirip dengan investasi dengan menyetor uang secara rutin kepada bank. Tabungan ini akan dikunci dan baru dicairkan dalam periode tertentu atau saatnya anak masuk sekolah. Tabungan pendidikan lebih disukai karena prosesnya mudah dan bunganya juga lumayan. Hanya saja, tabungan pendidikan tidak bisa mengejar kenaikan biaya pendidikan yang mencapai 20 persen per tahun. Oleh karena itu, langkah yang bisa dipertimbangkan orangtua adalah asuransi pendidikan. Melalui premi yang dibayar setiap bulan, orangtua tak perlu khawatir mengenai biaya saat anak memasuki SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi karena akan ditanggung perusahaan asuransi. 
 
source: https://kannada.goodreturns.in

 
baca juga
3. Penghasilan Tambahan

Semua orang tua pasti ingin anak-anaknya menempuh pendidikan yang terbaik. Tak heran lebih banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke sekolah swasta dan internasional, karena menurut mereka lebih berkembang. Namun, biaya yang ditawarkan oleh sekolah swasta maupun internasional tentunya lebih mahal. Belum lagi jika anak mengikut study tour, kegiatan ekstrakurikuler, biaya buku dan sebagainya. Tentunya orang tua wajib menyiapkan dana lebih besar. Oleh karena itu, Moms bisa mencari penghasilan tambahan demi memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak. Penghasilan tambahan bisa berupa merintis usaha rumahan, berjualan online, dan sebagainya. 
 
source: https://edition.cnn.com

 
4. Dukung Anak Mendapatkan Beasiswa

Beasiswa akan diberikan kepada anak-anak yang memiliki prestasi akademis di sekolah. Selain pandai, perilaku anak pun jadi pertimbangan untuk pemberian beasiswa. Oleh karena itu, Moms perlu mendukung anak menjadi berprestasi dan teladan di sekolah. Jika anak mendapatkan beasiswa maka akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi keluarga dan bisa meringankan beban keuangan. 
 
source: https://foreverymom.com