1. Tidak Tidur dengan Bayi di Tempat Tidur yang Sama

Jangan menidurkan bayi di ranjang yang sama tempat Moms dan Dads tidur, melainkan siapkan tempat tidur bayi yang nyaman di kamar yang sama dengan Moms agar lebih mudah memantaunya. Tidak tidur bersama bayi bertujuan untuk mengindari bayi tertindih, terjepit ataupun tergeser ke tepi tempat tidur sehingga membuatnya jatuh. Karena tubuh yang masih ringkih, maka jatuh bisa menyebabkan cacat yang fatal. 
 
source: http://www.rebelcircus.com

 
2. Kurangi Aksesori Tempat Tidur

Bayi belum memerlukan bantal untuk tidur. Oleh karena itu, hindari menggunakan bantal, boneka, guling maupun mainan di dalam tempat tidur bayi. Benda-benda seperti itu dapat meningkatkan risiko bayi mengalami kematian mendadak maupun kecelakaan saat tidur, akibat tertindih dan terjepit. Selain itu, bayi tak perlu menggunakan selimut saat tidur karena bisa saja menutup muka sehingga bayi susah bernapas. Untuk tetap menghangatkan tubuhnya, maka pakaikan bayi piyama dan kaos kaki saat tidur. 
 
source: https://www.mirror.co.uk

 
baca juga
3. Perhatikan Sirkulasi Udara

Biasanya saat bayi lahir, orangtua akan membeli perlengkapan tidur bayi atau baby bedding untuk si bayi. Baby bedding biasanya terdiri dari bantal, guling dan selimut. Nah, menurut American Academy of Pediatric dan grup pencegahan SIDS, baby bedding (bantal di sekitar baby box) dapat menghambat sirkulasi udara. Sebaiknya hindari menggunakan baby bedding agar bayi mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, kalau Moms melengkapi tempat tidur bayi dengan kelambu, maka pastikan pilih bahan yang tidak menghambat udara ya! 
 
source: https://momlovesbest.com

 
4. Pantau Bayi dengan Baby Monitor

Kejadian kematian mendadak saat tidur atau SIDS banyak dialami di negara-negara Eropa dan Amerika. Oleh karena itu, para orangtua di sana selalu memperlengkapi kamar tidur bayi dengan baby monitor. Baby monitor biasanya diletakkan di dekat tempat tidur bayi untuk bisa melihat anak mereka tidur dan mendengar napasnya. Nah, Moms bisa meniru para orangtua di Barat ini. Tak apa mengeluarkan kocek lebih untuk membeli baby monitor, hitung-hitung demi menjaga keamanan bayi saat tidur.
 
source: https://www.which.co.uk