Babysitter

Babysitter pada dasarnya merupakan orang yang dipekerjakan dengan tugas untuk menjaga, merawat, dan mengasuh buah hati saat orang tuanya sedang berhalangan. Dengan kata lain, tugas para babysitter memang terfokus pada anak asuhnya.
 

source: http://www.sheknows.com/


 


Tugas Babysitter

Nah, untuk lebih rincinya, berikut ini adalah ulasan mengenai tugas-tugas dari babysitter yang harus dibicarakan sejak awal sebelum menyepakati kotrak kerjanya .

Mengasuh Anak

Hal pertama yang tentu menjadi tugas pokok seorang babysitter adalah mengasuh anak asuhnya. Ia harus memerhatikan kebiasaan dan pola aktivitas si kecil untuk terus mendampinginya. Mulai dari memandikan, membersihkan popok, menemani anak bermain hingga menidurkan kembali si kecil. Pastikan Moms memberikan arahan mengenai cara melakukan hal-hal esensial tersebut agar si kecil benar-benar berada di tangan yang tepat.
 

source: http://chocolateandcarrots.com/


 

baca juga


Menyiapkan Makanan Anak

Bagi anak balita yang masih belum bisa makan makanan orang dewasa, mereka tentu memerlukan menu makanan sendiri sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini juga menjadi tugas pokok para babysitter untuk menyiapkan makanan anak atau MPASI agar gizi si kecil terpenuhi dengan baik. Pastikan juga Moms menjelaskan detail apa saja menu makanan dan aturan makan si kecil agar babysitter memahami makanan apa yang harus dipersiapkan.
 

source: https://www.babble.com/


 


Menjaga Anak

Terakhir, hal ini cukup esensial dari tugas seorang babysitter, yaitu menjaga anak. Saat tidak bersama dengan orang tuanya, seorang anak memerlukan orang dewasa untuk memantau segala aktivitas dan kegiatannya agar tetap baik dan aman untuk dilakukan. Itulah tugas dari babysitter yang tidak boleh untuk diacuhkan. Seorang babysitter harus mampu lebih waspada dalam memperhatikan keamanan dan keselamatan si kecil.
 

source: https://www.netmums.com/


 

baca juga


Tugas Ekstra Babysitter

Selain itu, ada lagi tugas yang biasa diberikan oleh seorang majikan pada babysitter-nya, seperti misalnya membereskan rumah, memasak makanan rumah, hingga menemani anak belajar. Akan tetapi, itu semua bukanlah tugas pokok dari babysitter. Moms perlu memahami bahwa membereskan rumah dan memasak adalah tugas dari Pekerja Rumah Tangga, sedangkan menemani anak belajar merupakan tugas dari guru privat. Jika memang babysitter yang disewa mampu melakukan itu semua, maka perlu memperjelas perjanjian di awal, dan tentu dengan gaji yang lebih besar dari gaji babysitter dengan pekerjaan yang terbatas pada tugas pokoknya.
 

source: http://www.armaghbeds.com/


Nah, itulah beberapa tugas babysitter yang harus Moms pahami agar tidak mempekerjakan seseorang secara berlebihan. Ingat, jika hanya membutuhkan pengasuh anak, jangan pernah membebankan tugas rumah tangga pada babysitter karena itu akan membuatnya kerepotan. Bahayanya, ia mungkin tidak dapat fokus menjaga sang buah hati nantinya.