Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan
Tahukah Moms, sistem imun justru akan lebih kebal dengan memiliki hewan peliharaan. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa balita akan lebih terlindungi dari alergi, asma, dan penyakit kulit eksim jika dibesarkan di dalam rumah dengan hewan peliharaan. Jika si kecil memiliki permasalahan dalam mengelola stress dan menenangkan diri, hewan peliharaan bisa membantu mengatasinya, Moms. Keberadaan hewan peliharaan di dalam keseharian si kecil dapat membuatnya lebih rileks, sekaligus juga melatihnya untuk berinteraksi secara sosial dan bergerak dengan aktif. Namun tentu saja Moms perlu mengawasi interaksi si kecil dengan hewan peliharaan, ya.
 

source: https://www.aspca.org/sites/default/files/dog-care_common-dog-behavior-problems_dogs-and-babies_main-image_0.jpg

Hewan yang Baik Dipelihara
Hewan yang paling banyak dipelihara yakni anjing dan kucing. Kedua hewan ini memang paling aman untuk dipelihara, Moms. Risiko si kecil digigit atau dicakar tetap ada, namun ini tentunya bisa dihindari jika Moms melatih kucing dan anjing di rumah untuk melindungi si kecil, dan juga membiasakan si kecil untuk memperlakukan hewan peliharaan dengan baik. Hewan lainnya yang juga baik untuk dipelihara yakni ikan. Dengan mengamati ikan di dalam aquarium, si kecil bisa menjadi lebih tenang dan merangsang kreativitas.   
 

source: http://www.ozcatcon.com.au/wp-content/uploads/2017/04/child-ginger-cat.jpg
baca juga

Hewan yang Baik Kurang Baik Dipelihara
Ada juga hewan-hewan yang sebaiknya Moms hindari untuk dipelihara di rumah jika ada anak kecil. Yang pertama adalah reptil. Memelihara reptil seperti ular, iguana, dan kura-kura di rumah mengundang risiko infeksi yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Burung juga jangan, Moms, karena bulu dan kotoran burung bisa memancing batuk, pilek, sesak nafas, hingga penyebaran virus. Kelinci juga sebaiknya dihindari lho, Moms. Untuk sesekali diperkenalkan di tempat rekreasi sih tidak apa-apa. Namun jika dipelihara di rumah akan ada kemungkinan si kecil mengangkat kelinci dengan cara yang salah saat Moms sedang tidak mengawasi. Kelinci adalah hewan yang sensitif, Moms. Jika digendong dengan cara yang salah, kelinci mudah stress dan bisa menggigit secara tiba-tiba.
 

source: https://i.ytimg.com/vi/lowh31qYjrY/maxresdefault.jpg