1. Filariasis
Di Indonesia, penyakit filariasis disebut juga dengan penyakit kaki gajah. Sebutan ini muncul karena orang yang terkena filariasis akan mengalami pembengkakan yang sangat besar di area kaki atau bisa juga di buah zakar. Pembengkakan ini terjadi karena peradangan kronis yang menyumbat aliran getah bening hingga menyebabkan penumpukan cairan. Pada penyakit ini, nyamuk berperan sebagai penyampai larva parasit dari cacing Wuchereria bancrofti dan Brugia malayi. Tubuh manusia yang dimasuki larva parasit tersebut gejala awalnya yakni sakit kepala, demam, menggigil, dan timbulnya lesi atau luka-luka pada kulit.
 

source: http://cdn2.momjunction.com/wp-content/uploads/2014/06/Treatments-To-Cure-Bug-Bites.jpg


 

2. Chikungunya
Penyakit chikungunya sempat menghebohkan Indonesia beberapa waktu lalu karena menjadi wabah di beberapa daerah. Masalah kesehatan yang satu ini membuat penderitanya demam tinggi hingga nyeri luar biasa pada otot-otot di sekujur tubuhnya. Tak jarang orang yang mengidap chikungunya menjadi sulit bergerak dan seolah lumpuh karena tak kuat menahan nyeri pada ototnya selama berminggu-minggu. Sayangnya, penyakit ini belum ada obat atau vaksinnya hingga sekarang. Virus chikungunya sendiri ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti (sama seperti DBD, hanya saja berbeda virus) dan Aedes albopictus.
 

source: http://www.advancedpediatricassociates.com/getattachment/64bc7814-4834-414e-a550-db0eae0c0ab1/13b-Is-Your-Child-Sick-Fotolia_7608789_Subscriptio.aspx
baca juga

3. Malaria
Malaria pernah menjadi endemi dan menghilangkan nyawa banyak orang di Indonesia pada masa penjajahan. Kini penyakit ini masih juga dapat ditemui di beberapa daerah timur Nusantara, seperti di Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara. Bahkan tak hanya di Indonesia, Malaria tercatat menewaskan 500 ribu orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Penyakit ini disebabkan oleh parasit yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles. Malaria menampakkan gejala awal sakit kepala, demam, menggigil, dan muntah pada penderitanya. Jika tak segera diobati, dalam waktu singkat penderita malaria akan turun drastis daya tahan tubuhnya hingga menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yang berujung pada kematian.
 

source: http://cdn2.momjunction.com/wp-content/uploads/2014/10/Mosquito-Bites-In-Toddlers.jpg