Cara Menghitung Kontraksi

Kontraksi yang terjadi pada trimester ketiga atau di bulan-bulan mendekati waktu persalinan merupakan hal yang wajar. Namun, kontraksi mulai harus diperhatikan dan dihitung apabila frekuensi serangan datang secara berturut-turut. Menjelang waktu persalinan, jarak kontraksi bisa mencapai 2 atau 1 menit sekali. Seiring dengan frekuensi kontraksi yang meningkat, otot rahim akan mengerut dan ukuran rahim akan mengecil. Sehingga kepala janin semakin terdorong ke arah jalan lahir. Nah, bagaimana cara menghitung kontraksi untuk mengetahui waktu kelahiran?
 

source: https://www.telecomstechnews.com/


 


Persiapkan Alat Yang Akan Digunakan

Gunakan penghitung waktu dengan hitungan detik seperti stopwatch. Lalu siapkan kertas dan pulpen untuk mencatat. Buatlah tabel dengan tiga bagian. Kolom 1 berjudul “waktu bermula”, kolom kedua “waktu berakhir” dan kolom ketiga “keterangan”. 
 

source: http://time.com/


 

baca juga


Hitung & Catat Waktu Kontraksi Awal dan Akhir

Hitunglah saat kontraksi mulai dirasakan. Lalu catat waktu kontraksi dengan rinci dan setepat-tepatnya. Setelah kontraksi berakhir, segera catat waktunya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui durasi kontraksi dan frekuensi terjadinya. Sertakan keterangan apa yang dirasakan atau bagian tubuh mana yang terasa sakit selama kontraksi berlangsung.
 

source: http://www.ashleysgreenlife.com/2013/11/milas-birth-story.html


 


Memprediksi Kontraksi Lanjutan

Frekuensi kontraksi mendekati persalinan akan terasa semakin intens. Untuk memprediksi kontraksi selanjutnya Moms bisa menghitung dari catatan kontraksi sebelumnya. Yaitu dengan cara mengurangi waktu bermula dengan waktu kontraksi yang baru. Sebagai contoh, jika kontraksi sebelumnya bermula pada 15:06:30 dan kontraksi yang baru bermula pada 15:16:30. Maka, waktu selang kontraksi akan terjadi adalah 10 menit kemudian.
 

source: https://www.parenting.com/


Nah, itulah beberapa tips manual menghitung kontraksi yang bisa Moms pelajari. Untuk mempermudah, Moms bisa mencari aplikasi khusus untuk kehamilan dan persalinan yang menyediakan fitur menghitung kontraksi. Yang pasti, tetaplah waspada ketika sudah mendekati HPL. Semoga bermanfaat, Moms!