Pahami Mendalam Mengenai Proses Kehamilan

Modal pertama untuk dapat mempersiapkan mental dan psikis yang kuat dalam menghadapi kehamilan dan pesalinan adalah pemahaman yang baik mengenai proses itu sendiri. Dengan begitu, kamu dapat mampu membulatkan niat dan persiapkan diri dengan baik. Saat akan memulai self-hypnobirthing, yakinkan pada diri bahwa proses kehamilan dan persalinan merupakan sebuah fase luar biasa yang akan kamu alami sebagai seorang wanita.
 

source: https://www.yogaindailylife.org.nz/


 


Perhatikan Posisi Tubuh

Selanjutnya, sediakan waktu untuk kamu melakukan relaksasi diri dengan mempersiapkan tempat dan waktu yang tepat. Persiapkan diri dalam keadaan senyaman mungkin saat akan memulai self-hypnobirthing. Disarankan juga kamu menggunakan posisi miring ke kiri agar melancarkan aliran darah ke rahim. 
 

source: http://www.activebirthcentre.com/


 

baca juga


Relaksikan Wajah

Setelah memposisikan diri dengan nyaman, kamu dapat memulai hypnobirthing dengan melakukan relaksasi wajah. Dimulai dengan memejamkan mata secara perlahan-lahan, kemudian buatlah otot-otot mata dan sekitarnya menjadi rileks. Lalu, biarkan diri kamu merasa rileks dan tenang.
 

source: http://momjunction.com/


 


Atur Pernapasan

Selanjutnya, lanjutkan dengan mengambil nafas sedalam-dalamnya melalui hidung. Bernafaslah secara perlahan dan teratur. Lalu, lemaskan otot seluruh tubuh dan istirahatkan pikiran. Biarkanlah tubuh dan pikiran merasa tenang.
 

source: http://www.truworthwellness.com/


 

baca juga


Menanamkan Sugesti

Dengan suasana yang tenang dan tubuh sudah terasa rileks. Lanjutkan dengan menamkan sugesti positif pada diri. Mulailah berkomunikasi dengan diri sendiri dengan meyakinkan bahwa kamu dapat melalui semua proses kehamilan dan persalinan dengan baik dan lancar, katakan "saya yakin saya bisa melakukan persalinan secara alami” atau “saya tahu bahwa bayiku tumbuh dengan sehat dan kuat dalam diri saya sekarang” . Tanamkan sugesti tersebut sampai memasuki alam bawah sadar. 
 

source: http://www.truworthwellness.com/


Untuk semakin menenangkan diri dan fokus, kamu juga bisa memutar musik klasik atau suara air mengalir. Dengan begitu, proses hypnobirthing akan berjalan dengan lebih mendalam.

Kamu juga dapat mencoba melakukan proses ini bersama dengan pasangan. Hal ini sangat penting untuk dapat mengoptimalkan manfaat dari hypnobirthing yang pada hakikatnya juga bermanfaat untuk para calon ayah.