Siapkan Perlengkapan Makan Yang Lucu Dan Menarik

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan mengemut anak saat makan adalah dengan memberikan perlengkapan makan yang lucu dan menarik. Pastikan terdapat gambar kesukaannya pada bagian permukaan piring atau mangkuk. Dengan begitu, si kecil pasti ingin segera menghabiskannya karena ingin melihat gambar favoritnya tidak tertutup makanan lagi.
 

source: http://www.ikea.com/


 


Coba Mulai Berikan Makanan Padat

Hindari membiarkan anak terlalu lama dengan makanan lunak. Berikan makanan yang lebih padat sesuai dengan usia si kecil untuk membuatnya mengeluarkan usaha untuk mengunyah makanan. Makanan padat juga akan terasa tidak nyaman jika terlalu lama di mulut. Dengan begitu kebiasaan mengemut si kecil akan hilang perlahan.
 

source: https://www.healthymummy.com/


 

baca juga


Makanlah Di Meja Makan

Jangan pernah membiarkan anak makan sambil menonton apalagi bermain. Biasakan anak makan di meja makan agar ia dapat fokus dengan makanan yang harus dihabiskan. Jika kamu membiarkan si kecil makan sambil bermain, ia akan membiarkan makanannya lama di mulut karena fokusnya terganggu pada tontonan atau mainan yang sedang ia mainkan. Sebaliknya, apabila kamu membiasakan ia untuk makan di meja makan, ia akan segera menghabiskan makanan untuk dapat bermain atau menonton film favoritnya.
 

source: http://www.eatrightontario.ca/


 


Bantu Anak Fokus Pada Makanannya

Jika anak masih tetap mengemut saat makan di meja makan, cobalah untuk membantu anak memfokuskan diri pada makanan yang harus ia habiskan. Caranya adalah dengan mengajaknya bercerita sambil menggunakan makanannya. Misal, buatlah gerakan pesawat terbang yang membuat si kecil segera menelan makanannya untuk dapat menerima asupan dari pesawat terbang yang akan datang.
 

source: http://www.sarahremmer.com/