1. Indonesia

Kita mulai dari Indonesia dulu ya, Moms. Meski terdiri dari banyak wilayah namun ada kesamaan MPASI yang diberikan untuk bayi-bayi di Indonesia. MPASI itu berupa bubur beras putih ataupun bubur beras merah yang dicampur dengan ASI. Beberapa ibu juga memberikan bubur kacang hijau saat bayi mereka sudah berusia lebih dari 6 bulan. 
 

source: http://nyonyasutisna.blogspot.co.id

2. Jepang

Di negara yang dijuluki sebagai Negeri Matahari Terbit ini juga memberikan MPASI berupa bubur beras Jepang yang disebut okayu. Okayu ini dibuat dengan bumbu-bumbu tradisional Jepang dan ditambahkan nori atau rumput laut. Nah, setelah itu para ibu di Jepang juga membuatkan puree labu ataupun wortel untuk bayinya. 

3. Filipina
Untuk bayi-bayi di Filipina, MPASI pertama mereka berupa lugaw yaitu bubur dari beras putih yang dicampur dengan kaldu ayam, bawang putih dan jahe. Hampir sama sih di Indonesia yang MPASInya juga berupa bubur beras.

source: https://soranews24.com
baca juga

4. Swedia dan Italia

Untuk bayi-bayi di Eropa khususnya Swedia dan Italia, menu MPASInya berbeda lagi. Jadi, orang-orang di Eropa lebih suka mengonsumsi gandum daripada beras, sehingga makanan pertama untuk bayi mereka berupa gandum. Di Swedia MPASI pertama bayi adalah välling yang terbuat dari gandum. Jenis makanan ini mirip oatmeal dan lebih kental daripada susu formula. Välling biasanya diberikan kepada bayi melalui botol.

Sementara di Italia, menu MPASInya berupa puree sayuran yang dicampur dengan kaldu. Sayur yang paling sering digunakan adalah wortel dan courgette. Setelah bayi bertambah besar, barulah diberi daging-dagingan. 
 

source: https://www.frot.co.nz

5. Meksiko

Meksiko adalah negara yang terletak di Amerika Latin. Menu MPASI di negara-negara Amerika Latin ini hampir serupa dengan di Meksiko yaitu berupa sup, tortilla, kacang-kacangan, dan buah-buahan seperti alpukat dan pepaya. Tentunya dibuat menjadi puree sehingga bisa dikonsumsi oleh bayi. 

6. India
Umumnya bayi-bayi di India diberikan MPASI yang disebut Khichdi atau dal khichdi. Khichdi dibuat dari lentil, beras, minyak samin (ghee), dan taburan kunyit. Sementara untuk bayi Hindu, makanan pertamanya berbeda lagi yakni berupa puding nasi yang selalu diberikan pada upacara Annaprashan atau perayaan bayi pertama kali mengonsumsi makanan padat. 

 

source: https://www.vegrecipesofindia.com