1) Bersepeda

Jenis olahraga anak yang pertama adalah bersepeda. Bersepeda ini baik karena bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan koordinasi anak. Selain itu, saat menggenjot sepeda, kaki anak akan menjadi lebih kuat. Bersepeda sudah bisa dilatih sejak anak masih balita. Ajari anak mengayuh dengan seimbang terlebih dahulu dengan mengenalkannya sepeda roda 3. Kalau anak sudah mahir dan mampu bersepeda jarak jauh, barulah kemudian ganti sepedanya dengan roda 2. 
 
source: http://www.themoatblog.com


 

2) Berenang

Olahraga berenang sangat bermanfaat karena saat berenang semua bagian tubuh ikut bergerak. Nah, Moms sudah bisa mengenalkan olahraga berenang kepada anak saat ia masih bayi. Saat usianya sudah di atas 1 tahun, coba ajak ia ke kolam renang. Di sana, kenalkan si kecil dengan air dan cara sederhana bergerak di dalam air. Setelah anak merasa nyaman berada di dalam air, ajarkan ia salah satu gaya yang digunakan saat berenang. 
 
source: https://www.activekids.com

 
baca juga

3) Bermain Petak Umpet

Berolahraga sambil bermain adalah aktivitas yang menyenangkan dan dipastikan anak-anak akan menyukainya. Salah satu permainan yang bisa Moms pilih adalah bermain petak umpet. Permainan ini akan melatih fisik anak untuk bergerak. Selain itu, bermanfaat untuk perkembangan kecerdasan sosialnya. Agar permainan petak umpet menjadi lebih seru, ajaknya semua anggota keluarga atau teman-teman anak untuk ikut bermain. Jangan lupa memberikan giliran kepada anak untuk mencari ataupun yang bersembunyi ya, Moms! 
 

source: http://www.sheknows.com



 

4) Bermain Bola

Bermain bola merupakan permainan sekaligus olahraga yang cukup mudah dilakukan. Moms hanya membutuhkan sebuah bola untuk bisa melakukan aktivitas ini. Saat bermain bola, ajari anak untuk menangkap, melempar, dan menendang bola. Mulailah dari bola berukuran besar lebih dahulu. Kalau anak sudah mahir menangkap bola besar, maka coba uji keahliannya dalam menangkap dan melempar bola dengan ukuran lebih kecil. Permainan ini akan lebih seru kalau dilakukan beramai-ramai. 
 
source: https://novakdjokovicfoundation.org