1. Ajarkan Anak Untuk Menolak Ajakan Orang Tak Dikenal 

Anak-anak umumnya mudah sekali percaya dengan orang lain dan menuruti apa yang diiming-imingi orang dewasa, seperti diberikan permen atau uang. Moms wajib mengedukasi si kecil untuk tidak menerima pemberian atau ajakan orang yang tak dikenal. Selain itu, Moms bisa memberikan kata 'sandi' pada anak untuk mengecek orang asing yang mengaku-ngaku suruhan keluarga untuk mengajaknya pergi, misalnya minta anak untuk menghafalkan nomor telepon ibu atau ayahnya. Moms juga bisa mengajarkan anak merespons secara cepat, seperti berlari, dan berteriak minta tolong pada orang lain saat orang tak dikenal membawanya pergi.

source: https://mako.co.il

2. Jalin Kedekatan dengan Guru dan Orang Tua Murid yang lain

Menjalin hubungan kedekatan dengan guru atau orangtua murid sangat penting dilakukan agar Moms bisa mendapatkan informasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan anak. Misalnya jika berhalangan menjemput, anak harus memberitahukan pada guru. Selain itu, kita juga harus memberikan kabar kepada guru si kecil atau orangtua murid yang lain. Tak hanya itu, berhubungan baik dengan guru dan orangtua murid bisa menjalin hubungan yang baik serta bisa saling membantu saat keadaan darurat. 

source: http://www.vitalsmartsindia.com
baca juga

3. Minta Anak Untuk Tidak Pulang Sendiri

Jika berhalangan menjemput si kecil saat pulang sekolah, pastikan Moms mencari orang pengganti untuk menjemputnya. Selain itu, kita bisa meminta anak untuk pulang berkelompok bersama teman-temannya. Jangan sekali-sekali membiarkan anak pulang sendiri, meskipun jarak sekolah ke rumah tidak jauh. 

source: http://www.imperialtoy.com

4. Ajarkan Anak Menjadi Pribadi yang Aktif dan Suka Bercerita

Pendidikan yang ada di sekolah dan di rumah tentunya berbeda. Moms harus sering-sering mengajarkan anak untuk selalu bercerita mengenai apapun. Hal ini untuk membiasakan anak menjadi pribadi yang aktif dalam berbicara, sehingga jika terjadi sesuatu si kecil dapat bercerita dengan baik apa yang ia alami. Selain itu ajarkan anak untuk aktif dan bisa melawan jika ada orang asing yang mendekatinya. Ajarkan anak untuk cepat merespon seperti berteriak, menggigit atau yang lainnya. 

source: https://bananasbunch.org