1. Infeksi Jamur 

Salah satu bagian tubuh yang letaknya tertutup seperti selangkangan merupakan salah satu lokasi jamur berkembang biak dengan cepat karena lembap dan hangat. Nah, area lainnya yang menjadi tempat berkembangnya jamur dan kumandengan cepat, diantaranya paha bagian dalam dan bokong. Terlebih kalau kamu bertubuh gemuk dan mudah berkeringat, maka keringat yang mengering di selangkangan juga tak jarang membuat gatal. Oleh sebab itu gunakanlah celana yang menyerap keringat dan nyaman digunakan meski seharian beraktivitas. 

source: http://nfstore.id

2. Iritasi dari Pakaian
 

Ternyata tak hanya disebabkan oleh infeksi jamur, penyebab lain dari gatal pada selangkangan adalah iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat atau sempit. Nah, ini penting banget buat kamu wanita aktif yang sering bekerja di luar ruangan. Penggunaan pakaian dalam yang pas dan tidak terlalu ketat merupakan hal penting. Bagaimanapun bagian selangkangan harus mendapatkan sedikit ruang udara agar tidak mudah berkeringat hingga lecet. Selain itu buat wnaita yang aktif secara seksual, gatal pada selangkangan bisa terjadi akibat penyakit menular seksual seperti herpes genital, sifilis, infeksi kutu dan kutil. Duh, bahaya banget ya?

source: http://health.liputan6.com
baca juga

3. Intertrigo 

Intertrigo merupakan diagnosis mengacu pada suatu peradangan pada lipatan tubuh termasuk bagian selangkangan. Pada bagian lipatan-lipatan ini membuat kulit tampak merah dan sangat gatal. Beberapa faktor yang menyebabkan intertrigo diantaranya panas, kurangnya sirkulasi udara, gesekan antara lipatan kulit. Selain itu intertrigo sering disertai dengan infeksi yang disebabkan oleh ragi, jenis lain dari jamur dan bakteri.

source: https://pregistry.com

4. Reaksi Alergi

Nah, penyebab lain gatalnya selangkangan juga bisa karena faktor Iritasi kimia seperti deterjen pakaian, parfum, krim, salep, pelembut kain, atau jelly yang dapat memicu reaksi alergi pada tubuh. Hal ini mungkinsaja terjadi pada kulit-kulit yang sensitif sehingga menimbulkan ruam merah pada selangkangan.
 

source: http://india.com