Acute Otitis Media (AOM)
Infeksi acute otitis media merupakan infeksi telinga yang paling umum dan sering dijumpai pada anak. Infeksi ini disebabkan karena adanya bagian dari telinga tengah yang membengkak sehingga cairan terperangkap di belakang gendang telinga. Jika ini terjadi, akan menyebabkan rasa sakit pada bagian dalam telinga. Anak yang mengidap infeksi telinga jenis ini juga bisa mengalami demam.
 

source: http://cld.activebeat.com/image/upload/t_tn,f_auto,q_auto,$h_360,$w_580/ab/2013/10/tugging-at-ears-580x360.jpg

Otitis media with effusion (OME)
Infeksi otitis media with effusion bisa terjadi setelah mengalami infeksi acute otitis media. Terkadang cairan yang disebabkan oleh infeksi terdahulu sudah berhasil dialirkan, namun ada sebagian cairan yang masih tertinggal dan terperangkap di belakang gendang telinga. Repotnya, infeksi telinga lanjutan ini seringkali tidak menampakkan ciri, sehingga sulit untuk diketahui Moms. Untuk memastikannya, setelah sembuh dari infeksi telinga yang pertama, hendaknya Moms membawa si kecil ke dokter THT lagi untuk memastikan tak ada cairan yang masih tertinggal.
 

source: http://www.yummymummyclub.ca/sites/default/files/styles/large/public/ear%20infection.jpg?itok=nw6hX4QE
baca juga

Chronis otitis media with effusion (COME)
Infeksi chronis otitis media with effusion merupakan infeksi telinga yang paling parah, yang bisa mengganggu fungsi organ pendengaran. Infeksi ini terjadi jika cairan dibiarkan lama tertahan di dalam telinga bagian tengah, atau terus-menerus terjadi penumpukan cairan, walaupun tidak terjadi infeksi. Sebelum ini terjadi, Moms hendaknya langsung membawa si kecil ke dokter THT jika terlihat gelagat si kecil tidak nyaman dengan kondisi di dalam telinganya.
 

source: https://www.healthline.com/hlcmsresource/images/topic_centers/732x549_Double_Ear_Infection.jpg

Ciri Infeksi Telinga
Perhatikan ciri-ciri infeksi telinga berikut ini ya, Moms. Jika si kecil menampakkan ciri-ciri ini, segeralah bawa ke dokter THT untuk diperiksa lebih lanjut.

  • Bayi terlihat kesakitan atau tidak nyaman, sambil menarik-narik telinganya.
  • Nafsu makan berkurang, atau menghindari payudara dan botol untuk menyusu.
  • Diare atau muntah.
  • Timbur bau tak sedap dari dalam telinga bayi.
  • Keluarnya cairan berwarna kuning atau putih dari dalam telinga.
source: http://www.iamwellness.com/wp-content/uploads/2014/04/Child-crying-with-ear-infection.jpg