Penyebab Umum Infeksi Telinga

Secara umum, infeksi telinga, baik pada anak maupun pada orang dewasa disebabkan karena adanya cairan yang menumpuk di daerah belakang gendang telinga. Cairan yang menumpuk ini terperangkap dan menjadi tempat berkumpulnya bakteri atau virus yang kemudian menjadi infeksi. Jika hal ini terjadi pada bayi yang belum bisa berbicara, ia hanya akan menangis sambil menarik-narik daun telinganya karena terasa sakit dan tidak nyaman. Moms harus jeli dalam memperhatikannya agar dapat segera membawa si kecil ke dokter sehingga infeksi telinga tersebut tidak menjadi lebih parah.
 

source: http://pedulisehat.info/wp-content/uploads/2015/11/Sakit-Telinga-Pada-Bayi.jpg

Saluran Telinga yang Kecil

Dari penjelasan penyebab umum infeksi telinga yang telah disebutkan di atas, khusus untuk bayi atau balita, penyebab utamanya yakni saluran eustachius yang ukurannya masih kecil. Saluran eustachius ini terletak di telinga bagian tengah, yang fungsinya menghubungkan telinga ke bagian belakang tenggorokan. Jika si kecil sedang sakit flu atau sakit apapun yang menimbulkan cairan, dapat membuat saluran eustachius ini tersumbat atau membengkak sehingga cairan tersebut tidak bisa keluar. Penyumbatan inilah yang akan menimbulkan infeksi telinga.
 

source: https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/07/Infeksi-Telinga-pada-Bayi-666x467.jpg
baca juga

Imun yang Kurang Kuat

Semakin muda usia seorang anak, maka sistem imunnya juga lebih lemah dibandingkan dengan sistem imun orang yang sudah lebih dewasa. Ini sebabnya anak kecil lebih rentan mengalami infeksi telinga dibandingkan dengan orang dewasa. Ini juga sebabnya rokok dianggap sebagai penyumbang penyebab infeksi telinga pada anak. Moms dan Dads amat dianjurkan untuk berhenti merokok karena asap rokok yang terhirup anak, atau yang menempel pada pakaian Moms dan Dads lalu terhirup oleh si kecil juga bisa mendatangkan penyakit yang berujung pada infeksi telinga.
 

source: http://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/media/image/original/5499_jangan-ajak-bayi-sakit-naik-pesawat.jpg